Home News Articles Forum Member Profile Agent About Us Contact Us
 » Recent Photo Posts

Go Back   N1wanRed FORUMS > ARWANA Forum > General Arwana Forum
Register FAQ Members List Calendar Search Today's Posts Mark Forums Read

General Arwana Forum Diskusi masalah-masalah arwana pada umumnya

View Poll Results: Ikan hias pertama -
Cupang (ikan tarung) 4 18.18%
Louhan 1 4.55%
Koki (ikan mas) 4 18.18%
Koi 1 4.55%
Ikan hias air tawar lainnya 2 9.09%
Ikan hias air asin 2 9.09%
Arwana ikan pertama saya 8 36.36%
Voters: 22. You may not vote on this poll

Reply
 
Thread Tools
Old 11-22-2002, 09:44 AM   #1
arwan
 
Join Date: Sep 2005
Posts: 0
Default

Para hobbyst ikan hias, sebelum anda memelihara arwana, ikan hias apa yang anda pelihara pertama kali?
arwan is offline   Reply With Quote
Old 12-02-2002, 08:15 AM   #2
arwan
 
Join Date: Sep 2005
Posts: 0
Default

Dari hasil polling sementara terlihat bahwa yang memelihara arwana pertama kali cuma 30 persen dari responden, 70 persen sisanya mulai dari ikan hias lain. Apa sebabnya?
Apakah karena para responden tidak mengenal arwana sewaktu mulai memelihara ikan hias? Ataukah sudah kenal arwana tapi karena harganya selangit, maka pelihara ikan lain dulu sambil kumpul duit? Bahkan ada yang punya duit tapi kumpul keberanian dulu untuk memulainya (beberapa teman saya masuk kategori terakhir ini)

Kalau saya, karena alasan pertama, yaitu tidak kenal arwana sama sekali. Habis gitu sudah kenal, eh harganya gila benar, tunda dulu belinya, pelihara ikan lain.

Untuk mereka yang langsung memelihara arwana apalagi yang jenis asiatic arwana, adalah hobbyst tulen dan berani ambil resiko.
arwan is offline   Reply With Quote
Old 12-30-2002, 12:06 PM   #3
r1za (553)
NAC 043
 
r1za's Avatar
 
Join Date: Sep 2005
Location: jakarta
Posts: 481
Default

Saya mau tanya sebelumnya kalau Arwana itu menjadi ikan hias tahun berapa sih....? pastinya kapan, kalau lihat di Trubus edisi Oktober '02, itu mulai di jadikan ikan hias oleh Pak Hendri th 80an so bagaimana aromania sekarang yg sudah tahu ikanhias mulai dari tingkat SD...!!! Â*(B.dOel SD th brp? & sudah kenal ikanhias belum?)
Mohon di konfirmasi kalau salah.... Â*

Lam Aro
__________________
www.kicaumania.org
r1za is offline   Reply With Quote
Old 12-30-2002, 12:39 PM   #4
dOels (810)
NAC MEMBER
 
dOels's Avatar
 
Join Date: Aug 2004
Location: X-Malang - Jakarta Timur.
Posts: 810
Default

Saya udah piara ikan hias sejak sebelum sekolah TK. Dengar arwana dan sekilas lihat di tempat teman waktu masuk kuliah. Mengenal arwana untuk ikan hias sejak satu setengah tahun yang lalu. Intensif piara arwana sejak satu tahun yang lalu. Mengenal Superred arwana dari Gallerynya Bang Hendri Leong (member forum ini) dan Aromania. Begitu Bung Arbelo.

Salam,
dOels is offline   Reply With Quote
Old 12-31-2002, 08:36 AM   #5
Hernandi (285)
NAC MEMBER
 
Join Date: Oct 2002
Posts: 285
Default

</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (Arwan @ Dec. 02 2002,08:15)</td></tr><tr><td id="QUOTE">Dari hasil polling sementara terlihat bahwa yang memelihara arwana pertama kali cuma 30 persen dari responden, 70 persen sisanya mulai dari ikan hias lain. Apa sebabnya?
[/quote]<span id='postcolor'>

Alasan setiap orang akan berbeda2 tentunya.
Saya mencoba mengamati para pemula (mulai mau memelihara ikan hias) yang datang ke rumah/tempat saya atau datang ke toko ikan hias.
- Pemula yang awam sekali; cenderung akan menjatuhkan pilihan & membeli ikan hias pertamanya pd ikan yg berpenampilan lucu, full warna, murah dan tdk beresiko rugi besar kalo mati (mereka belum paham memelihara ikan), dianggap "mudah" memeliharaanya dan ini jatuh pd ikan maskoki, komet, koi lokal, dll.
- Pemula yang ikut trend; biasanya karena pengaruh teman sesama pemula atau karena mengetahui informasi dari media masa. Mereka cenderung menjatuhkan pilihan pd ikan yang sedang nge-trend, misal diskus pd eranya dulu, cupang, atau sekarang louhan (mungkin pernah aro pd era 94-95-an, tapi sulit dapatnya karena pasokan terbatas)
- Pemula serius yang ingin ikan "abadi"; pemula2 ini sepertinya merupakan kelompok "ekslusif".....merekalah yang cenderung memilih aro sebagai pilihan ikan hias pertamanya, walau pun pd saat kecilnya ikan aro nggak nampak ngejreng warnanya atau "sedang tidak ngetrend". Sebagian yg saya tanya "kenapa pilih aro?", jawaban terbanyaknya "aro nggak musiman...abadi....dan punya intelegensia tinggi!? wow...!!

Harga yang tinggi juga menjadi penyebab pemula berat untuk mempunyai aro.....niat mau beli super atau golden red....yang dapat/terbeli cuma silver atau jardini...kecewa!!!!!
Karena ikan aro juga bisa tumbuh menjadi besar...perlu aquarium besar donk untuk memeliharaanya...ini menjadi kendala juga krn pemelihara nantinya harus mempunyai aquarium ukuran besar (identik dengan MAHAL!!&#33 dan ini terbentur pd masalah ruang penempatan aquarium (yang rumahnya tipe kecil jadi rumit mikirin naro aquariumnya)...

Alhasil, 30% pemula memilih aro sebagai ikan hias itu sudah bagus menurut pendapat saya...
Mungkin rekan lain punya pendapat lain...monggo
Hernandi is offline   Reply With Quote
Reply


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 02:06 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2024, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com
Red2Black Style By: Chefhost.com