PDA

View Full Version : Biolysin, Baik kah untuk Arowana ?


r12al
09-11-2002, 03:51 PM
Menyusul permasalahan Stress berkepanjangan dan Hilangnya Nafsu Makan Aro saya yg dpt dikatakan permanen sedari saya beli 2,5 bulan lalu (aro saya saat ini ukuran 15-18 Cm), spt yg pernah saya posting juga di " Help, Arowana nongkrong di dasar Tank"nya Martin...

Serta sampai dengan diOpnamenya Aro saya di Arowana House milik P'Doels.....(sehingga sempat mengganngu fikiran P'doels juga, Thanks P'Doels bantuin saya)

Sepulang Opname,aro saya mempunyai dampak kemajuan dr stresnya, krn banyak hal yg dilakukan P'doels berikut diagnosenya guna menyembuhkan dr stresnya.

Namun Makannya belum juga mau banyak, satu hari paling 2 ekor jangkrik, ikan mas dilepas, juga tdk disantap, Ulet hongkong juga ogah....pusing juga.....

Walhasil P'doels merekomendasikan menu makanan yg lezat, misalkan :
1. Ulet hongkong dikasih makan dgn pelet/ikan mas/jangkrik/udang mati
2. Jangkrik dikasih makan dengan pelet basah/ikan mas/ulet
3. Ikan mas dikasih makan pelet
dllnya

selanjutnya, kebetulan saya melihat vitamin penambah nafsu makan putri saya yg bernama : BIOLYSIN

dgn INDIKASI :
Biolysin bernilai gizi tinggi, biolysin sesuai utk defisiensi vitamin, krn mengandung multvitamin dalam perbandingan yg lazim. Biolysin merangsang pertumbuhan bayi dan anak-anak, Biolysin meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Biolysin membentuk tubuh sehat sempurna. Biolysinmembentuk tubuh sehat sempurna. Biolysin merangsang nafsu makan
(seperti yg tertera pd dus)

KOMPOSISI:
Tiap sendok tersedia (5ml), mengandung :
Vitamin A Â* Â* Â* Â* Â* Â*5.000 i.u
Vitamin D3 Â* Â* Â* Â* Â*1.000 i.u
Vitamin B1 Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â* 3 ml
Vitamin B2 Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â* 1 ml
Vitamin B6 Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â* 1 ml
Vitamin B12 Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â* 5 mcg
Niasinamida Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â* 20 mg
d - Panthenol Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â*3 mg
Vitamin C Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â* Â*50 mg
L - Lysin HCI Â* Â* Â* Â* Â* Â*200 mg

ATURAN PAKAI :
0 - 1 tahun 1/2 sendok yg tersedia per hari
1 - 12 tahun 1 sendok yg tersedia sehari
Dewasa 1 - 2 sendok yg tersedia sehari

PRODUKSI :
PT. BERNOFARM
SIDOARJO - INDONESIA

Jam 13.00 Wib, tergelitik juga hati untuk MENCOBA, tanpa konsul sana sini, dgn disaksikan orang rumah, saya kasih 1.5 sendok yg tersedia (NEKAT, tanpa melihat aturan pakai), tentunya baca Bismillah dan berdoa dulu dong......sambil sebelumnya menyiapkan 2 slang untuk evakuasi bilamana ada apa-apa (air endapan 3 hari tanpa airasi tersedia).....
1 jam pertama tdk terjadi apa-apa...
2 jam pun tdk terjadi apa-apa...
3 jam tdk terjadi apa-apa...
baru lah....3.15 menit dia mulai gelisah dan berada terus diatas permukaan air.....
langkah seribu, saya lakukan, krn menurut saya ini kritis
2 slang saya pergunakan mengurangi air dgn ukuran tinggi air (40 cmx60x110), saat dikisaran air di 20 cm, slang 1 saya gunakan untuk menambah air, sementara selang satunya masih saya gunakan utk mengeluarkan air, sementara airator memang hidup sebelum saya kasih biolysin...

Selanjutnya, barulah saya stop keluar air dan saya hanya gunakan 1 slang utk mengisi....
Mulai tenang dan mulai berenang kebawah....aman saya fikir, sampai selesai saya menguras isi air...

Habis maghrib saya silatuhrahmi ke rumah P'doels sambil menceritakan alur cerita yg ada, selanjutnya P'doels silatuhrrahmi kerumah saya.....kesimpulan P'doels, boleh2 aja menggunakan biolysin ini (setelah melihat kompsisinya), cuma yg berbahaya dosis yg saya berikan...

Malam jam 22.00 WIB barulah saya kasih makan dgn pola isi air bercampur dgn air ketapang, secara kontinue menyantap 7 ekor ulet hongkong, jam 24.00 WIB, saya berikan lagi, disantap 4 dari 5 ekor UH.
Besoknya mulai mau menyantap, saya coba secara acak dgn jangkrikpun mau makan, inensitas makannya berangsur membaik (ini saya lakukan hari minggu 8/09/02) walau belum responsif terhadap makanan yg ada.

saat ini dlm 3 - 4 kali pemberian makan, 4-5 ekor UH.

Adakah dampak lain yg berpengaruh terhadap apa yg saya lakukan, MOHON TANGGAPAN, tanggapan rekan-rekan sangat bernilai buat saya !!!
mengingat hingga hari ini ( pagi tadi) masih saya berikan biolysin dgn dosis NGERIIIII/minimal

salam
r12al

dOels
09-11-2002, 07:23 PM
Iklan Biolysin nih ? http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif
Soal vitamin mungkin bisa dikonsultasikan sama ahli ikan di O-fish.com. Saya pikir sih vitamin sama saja, masalahnya dosisnya itu.... lebih aman gunakan vitamin untuk ikan yg udah jadi aja (gak tau nyarinya dimana). Tapi di labelnya blackwater (tetra) di situ disebutkan mengandung beberapa elemen mineral dan vitamin.

Mengatasi kurang/tidak nafsu makan pada arwana, tidak melulu difokuskan pada makanannya, tapi harus diperhatikan secara menyeluruh (komprehensif), semua aspek mulai dari lingkungan, kualitas air, dsb.

Kalo ada arsip2 dulu/member yg masih ingat jaman aromania dulu http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif . Saya pernah posting atas kasus2 yg pernah saya alami seperti aronya P'Rizal ini. Segala cara dilakukan, bahkan dg cara yg sedikit agak irrasionil, misalnya kontak rasa sambil makan di depan akuarium arwana http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif . Tapi sebenarnya memang banyak hal yg harus saya benahi waktu itu, pembenahan secara menyeluruh. Karena ini termasuk mahluk ikan, ya gunakanlah prinsip2 umum pemeliharaan ikan (tawar,fresh water).

Kasus terahir yg saya alami paling berat adalah arwana yg stress berat dan tidak mau makan apapun sama sekali. Sekarang dia udah nerkam kodok. Ada kasus lagi, arwana yg saya rawat makannya ikan mas + ulet, di tempat lain mogok makan, tapi begitu dikasih jangkrik langsung kecanduan, sebelumnya nggak pernah di kasih jangkrik.

Buat Kasusnya P'Rizal,
Jangan terlalu dipikirin, malah aronya makin nggak nafsu makan. Seharusnya arwana itu sebagai tambahan kebahagiaan, bukan nambah stress. Ingat arwana adalah ikan sensitif, jadi bikin hepi aja, nanti aronya juga ikut hepi http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/biggrin.gif

Kalo dari tanda2nya (mau makan jangkrik, ulet), itu pertanda baik. Kalo saat ini dlm 3 - 4 kali pemberian makan, 4-5 ekor UH, itu udah cukup bagus asal konstan, coba sesekali ditawarkan dg menu lain/udang. Untuk vitamin syrup, saran saya sih kalo dosis nggak dihitung akurat sebaiknya stop dulu. Pergantian air baru harus teraerasi dg baik sebelumnya (air tua). P'Rizal, kasih dong termometernya...jgn mengandalkan dari setelen heater, perubahan suhu jangan terlampau tajam, selisih satu derajat aja terasa lho ! Trus ya tank-mate lah...

Pertanyaan :
- Apakah aro yg kekurangan makan survivenya lebih tinggi daripada yg kelebihan makan ?. Hemat saya sih nafsu makan aro yg tinggi tapi dosis makanan diatur.
- Mengapa ada aro yg nafsu makannya tak terbatas, apakah ada cacat pengaturan rasa lapar (di otak dan di lambung?) trus cacat ini diturunkan? aro ini kalo dibiarkan makan terus bisa sampe nungging, bahkan mungkin menemui ajalnya.

Salam,

Martin
09-12-2002, 04:16 PM
Kenapa nggak pakai saja pil Hobie atau vitamin khusus utk ikan?
Memang dari hasil mengintip forum negara tetangga, kelihatannya setiap aro mempunyai karakteristik selera makan bawaan yg berbeda-beda. Ada yg bawaannya rakus, ada yg makannya kaya cewek yg lagi mau diet. Mungkin aro yg makannya susah jenis kelaminnya betina kali... hehehe. Terhadap aro yg irit makan karena bawaan kayaknya tidak bisa terlalu dipaksakan, sepanjang dia masih mau makan sudah ok. Memang jadinya pertumbuhannya nggak secepat yg rakus.
Seperti yang dikatakan Doels, sebaiknya P'Rizal tidak perlu terlalu dirisaukan, agar hobby ini bisa diikmati, tentu saja berbagai upaya tetap layak dicoba. Sudah pernah coba dipuasakan, katakan selama 2 hari?

Aro saya juga tidak termasuk yg makannya banyak, ada saat dia makannya susah juga. Kalau lagi diet kodok, sehari cuma makan 2 ekor (pagi 1, malam 1), kalau jangkrit paling 10 ekor (pagi 5, sore 5). Saya biasakan kalau makanan yg sudah dikasih ngggak dimakan dalam beberapa menit atau dimuntahkan, makanan langsung diangkat dan nggak dikasih lagi sama sekali. Besoknya baru dikasih, kalau makannya ogah2an diangkat lagi. Biasanya paling lama 2 hari dia sudah langsung menyambar makanan.

Salam

Steven
09-27-2002, 11:10 AM
Bung R12al, dosis aman per liter air berapa banyak biolysinnya? tks

imported_Haekals
10-09-2002, 07:58 PM
Salam,
Saya anggota baru disini, dan baru jatuh cinta sama Arwana.
Hanya karena kegagalan dalam miara ikan tsb. beberapa waktu berselang (mati), ditambah gagal dalam mempertahankan kehidupan maskoki selama 1 bulan (mati gara-gara PLN di Jabotabek mati tempo hari), saya mencoba belajar miara Arwana dengan yang murahan saja, yaitu Arwana Irian. Meskipun cuman Irian, namun saya cukup suka melihat "beliau" meliuk-liku indah wira-wiri di AKuarium saya (180X60x60) ditemani Black ghost.
Yang jadi pertanyaan adalah Arwana saya kelihatannya kurang suka Jangkrik, kalau saya kasih gak langsung disamber, pernah saya tungguin selama 15 menit gak dimakan-makan. Saya kasih kelabang sama sekali gak disentuh, sampai kelabangnya mati sendiri dan tengelam didasar Akuarium. Nah, kalau dikasih cecak, gak nunggu 1 menit langsung disamber.
Denger-denger kalau terlalu sering dikasih cecak bisa menyebabkan mata Arwana melotot, apakah info ini benar ? Oh ya diakuarium itu Arwana saya ditemani 2 ekor Black Ghost, juga ikan mas kecil-kecil yang sekarang sudah habis semua disantapnya.
Mohon pencerahan bagi para pakar arwana disini, meskipun cuma Arwana Irian, saya berharap ada yang bersedia bagi-bagi ilmunya buat saya.

N1WAN
10-09-2002, 09:49 PM
Haekals,
Salam kenal and welcome aboard,
Selalu saya tak lupa bilang pada rekan-rekan bahwa kita disini semua belajar, bagi ilmu, share pengalaman, nggak ada yang lebih senior atau junior semua samalah.

Dan yang namanya makhluk ciptaan Tuhan semua punya keindahan masing-masing, nggak ada yang lebih super makhluk satu dengan yang lainnya, dan kita hormati dan hargai perbedaan selera, pendapat apapun itu perbedaanya. "Kebersamaan dalam perbedaan itu indah teman ".

Pendapat saya mengenai pertanyaan Haekals:
- Aro nggak suka jangkrik, menurut saya karena faktor kebiasaan, dari cerita Haekal, aronya lebih suka cecak, assumsi saya Haekal memberi makan cecaknya dalam keadaan hidup, si aro jadi kebiasaan makan pada sesuatu yang hidup yang menarik perhatiaanya terbukti, ikan mas habis, cecak langsung disamber, coba jangkriknya diberi dalam keadaan hidup, tapi ini tidak disarankan karena kepala jangkrik itu keras, dan tidak langsung mati bila di telan aro, beberapa kasus dijumpai si jangrik mengigit lambung si aro, akibatnya si aro menjadi kaget dan kesakitan, ngamuk, nambrak dan loncat sani sini .

Demikian juga dengan kelabang, ulat hongkong atau jerman, sebaiknya diberikan dalam keadaan mati. Bisa di latih, nggak mau makan jangan di beri makan, kita lihat seberapa kuatnya dia nggak makan, lama-lama akhirnya juga mau karena kelaparan ...he he he emang enak, tapi yaitu itu mesti tegaan.

- Cecak tidak menyebabkan mata arowana turun. Menurut saya mata turun pada arowana lebih disebabkan oleh faktor genetik, dan faktor lingkungan.
* Genetik
Arowana super red dan silver lebih cenderung terkena mata turun, seperti halnya juga gigit ekor, dan nungging hanya cenderung pada asian arowana (Red, Golden, Green). Apakah mata aro irian Haekal ada tanda-tanda turun ?

* Lingkungan
Arowana yang memiliki genetik mata turun, akan semakin diperparah bila lingkungannya memperburuk kondisi itu, dalam kasus mata turun, lingkuangan aquarium yang hanya memiliki satu sisi terbuka akan merangsang aro cenderung melihat ke beberapa sudut pandang tertentu saja, akibatnya mata turun. Demikian juga posisi lighting. Dan posisi peletakan aquarium, serta benda-benda di sekitar aquarium.

Mengenai pemberian makanan sekali banyak didasar akan menyebabkan turun, menurut saya ko tidak ya. Di alam atau di kolam mereka juga mencari makan binatang didasar apakah itu ikan, udang dsb. Tapi mengapa aro di kolam atau di alam tidak ada yang matanya turun, sedangkan di aquarium cenderung sebaliknya ...

Semoga bisa membantu, harap di tambah dan di koreksi bila dirasa kurang dan salah.

imported_Haekals
10-10-2002, 01:03 PM
Bung N1wan, terimakasih atas responnya.
Saat ini saya lagi berencana ngumpulin duit untuk dapetin Super Red, karena ikan itu memang super mahal, saya putuskan untuk membeli yang murahan dulu, itung-itung sambil belajar, seandainya saya gagal dan ikan itu mati gak terlalu menyesal karena harganya nggak memberati kantong meskipun waktu membeli karena kebodohan saya, saya di "gorok" sama yang jualan (1 ekor Arwana Irian 25 cm + 2 ekor Black ghost 10 cm dilepas 450 ribu perak), kata teman saya itu betul-betul harga yang "menggorok" untuk arwana Irian, tapi no problem lah, kata orang jawa "Jer Basuki Mowo beo", artinya kurang lebih setiap keinginan memang butuh pengorbanan.
Mengenai jangkrik yang saya berikan saya beli di Barito dalam keadaan hidup, juga kelabang, dan saya berikan ke Arwana saya dalam keadaan hidup, masih bergerak-gerak dengan lincah, tapi memang kalah sih dengan cecak yang super lincah kalau udah dimasukkan kedalam akuarium.
Saya akan cona mengikuti nasehat bung N1ean, kuat-kuatan sama Si Arwana http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif.
Ngomong-ngomong kemarin saya nelpon ke salah satu agen Dinamika Kapuas yang di Pluit, harganya busyet....Metal Red 10cm dikasih harga 8 jeti, wah tambah lama nih nabungnya http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

dOels
10-11-2002, 01:31 AM
Halo Bung Haekals,
Selamat datang dan jangan pelit bagi2 pengalaman ya? saya tunggu ceritanya tentang arwanamu.

Tiap arwana dan pemiliknya mempunyai keterkaitan yg unik, karena itu dalam merawat arwana walau dalam dasar2nya sama, tapi punya banyak perbedaan2, jadi cara saya rawat arwana ada yg nggak bisa diterapkan pada rekan lain, begitu pula sebaliknya. Perbedaan2 itu menyangkut banyak faktor, antara lain aktifitas pemeliharanya (apakah menggunakan karyawan, sering ditinggal lama), sumber2 makanan yg mudah didapat, sumber air yg digunakan,dll)

Arwana Irian memiliki keelokan sendiri yg tidak dimiliki arwana jenis lain. Secara khusus agak berbeda dg arwana jenis kalimantan atau sumatera/malaysia, cara berenang, bentuk tubuh, dll.
Kalo kita rawat dg baik, arwana irian sangat interaktif, agak galak seperti Louhan/gurame, gerakannya sangat lincah walau ukurannya besar.
Kalau arwana irian Bung Haekal itu istimewa, saya kira harga seperti itupun masih murah Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/tounge.gif Â*. Tampilan arwana irian akan sangat memukau kalau kita kondisikan dan seting dg pas.
Lingkungan, kualitas makanan dan air, tata cahaya, dll sangat berpengaruh dalam performance secara keseluruhan.

Masalah makanan, manfaatkan saja apa yg mudah didapat, tentu dg jaminan bersih dan aman.

Tentang Superred.
(Sorri, buat yg PDG, pedagang, makelar, broker atau apalah namanya) saya mau bicara hanya dari sisi hobiis saja, walau mungkin kadang2 bisa juga saya jadi PDG atau calo ikan Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif Â* "Kecap Meja No.1"
Secara umum,untuk saat ini kalo Sred 10 cm 8 jeti sih kemahalan Bung, kecuali ada hal2 tertentu yg mendongkrak harga tsb (Merek, I Tiaw Lung, istimewa,dll). Kalo saya cari yg bagus & murah, hehehe Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif Â* Harga 4 - 4,3 jt mungkin masih bisa diusahakan, tapi jeli dalam memilih.

Salam,

Martin
10-11-2002, 09:06 AM
</span><table border="0" align="center" width="95%" cellpadding="3" cellspacing="1"><tr><td>Quote (doels @ Oct. 11 2002,01:31)</td></tr><tr><td id="QUOTE">........
Tentang Superred.
(Sorri, buat yg PDG, pedagang, makelar, broker atau apalah namanya) saya mau bicara hanya dari sisi hobiis saja, walau mungkin kadang2 bisa juga saya jadi PDG atau calo ikan Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif Â* "Kecap Meja No.1"
Secara umum,untuk saat ini kalo Sred 10 cm 8 jeti sih kemahalan Bung, kecuali ada hal2 tertentu yg mendongkrak harga tsb (Merek, I Tiaw Lung, istimewa,dll). Kalo saya cari yg bagus & murah, hehehe Â*http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif Â* Harga 4 - 4,3 jt mungkin masih bisa diusahakan, tapi jeli dalam memilih. ...

Salam,[/QUOTE]<span id='postcolor'>
Setuju!! http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif

imported_Haekals
10-11-2002, 12:59 PM
Wah...bangganya daku, meskipun cuma punya Arwana "ecek-ecek" namun tetap disambut dengan baik oleh para pendekar disini seperti Bung N1wan dan Bung Doel, saya jadi tambah semangat nih http://www.n1wan.com/forums/public_html/iB_html/non-cgi/emoticons/smile.gif.
Mungkin perlu saya berikan tambahan informasi bahwa Akuarium saya saat ini berukuran 180x70x60 atau semacam itulah saya gak tahu persis (hanya panjangnya yang saya pasti, 180 cm). Dilengkapi dengan Eheim - jenis atawa type kurang tau (berbentuk bulat diameter ± 30 atau 40 cm berwarna hijau) dan aerator. Akuarium itu sendiri hanya saya kasih batuan kecil-kecil didasarnya plus gambar background. Oh ya ada yang pengin saya tanyakan mengenai Eheim, saya agak kurang paham apakah eheim ini perlu diberihkan secara rutin dan apakah ada komponen yang perlu diganti setelah selang waktu tertentu, masalahnya sejak ±5 tahun yang lalu saya belum pernah melakukan penggantian komponen, Akuarium + perangkatnya pernah saya anggurin selama 4 tahun lebih setelah Arwana saya yang pertama mati, dan baru saya aktifkan lagi ± 1 bulan yang lalu, kalau dihitung-hitung paling banter "masa pakai" Eheim tersebut paling banter baru 3 bulan.
Mohon para pakar disni berkenan memberikan pencerahan.

N1WAN
10-14-2002, 02:46 AM
Sangat di anjurkan untuk perawatan rutin setiap peralatan apapun namanya, demikian pula untuk peralatan aquarium. Dengan perawatan yang rutin di harapkan umur ekonomis dari peralatan tersebut dapat maximal. Sebulan sekali.

Perawatan baik itu pembersihan, sekaligus pengecekan bagian yang aus, penggantian sebelum terjadi kerusakan yang lebih fatal yang menyebabkan kematian penghuni aquarium, konsleting, mati mendadak, pecah dll.

Filter yang lama tidak dipakai, sebaiknya dibersihkan/dicuci, disterilkan atau di ganti semua media filternya dengan yang baru.