Home News Articles Forum Member Profile Agent About Us Contact Us
 » Recent Photo Posts
N1wanRed 190 (24515)
N1WAN
N1wanRed 189 (49819)
N1WAN
N1wanRed 185 (50599)
N1WAN
N1wanRed 184 (52678)
N1WAN
N1wanRed 190 (22661)
N1WAN
N1wanRed 188 (48009)
N1WAN

Go Back   N1wanRed FORUMS > ARWANA Forum > Tips & Trik > F e e d
Register FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

F e e d Mau tau jenis-jenis makanan aro, dari yang nature, buatan, yang bagus untuk pertumbuhan, atau perkembangan warna, juga tip-tip memilihara dan menyimpannya, atau menternakan dan membuat sendiri

Reply
 
Thread Tools
Old 08-07-2009, 12:41 PM   #1
SatoeGairah (561)
NAC MEMBER
 
SatoeGairah's Avatar
 
Join Date: Aug 2008
Location: Bandung
Posts: 553
Question Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Gan, mau tanya nich, saya baca2 disini banyak yang ngasih kelabang sudah dalam keadaan lemes, pingsan, malah ada yang sudah mati dengan cara dipotong-potong.

Nah, saya selama ini ngasih kelabang ke aro saya dalam keadaan hidup. Kira-kira efeknya bagaimana? Bahaya atau tidak buat kesehatan si aro?

Soalnya, aro saya ga mau kalo kelabangnya sudah mati, biasanya dicuekin sampe tenggelem tuh kelabang, maklum aro saya makannya ga lahap.

Biasanya saya memberikan kelabang itu setelah 24 jam perut kosong (jadi sudah laper si aro-nya), nah saya beri dalam keadaan hidup, langsung di caplok, walopun ga langsung ditelen, tapi kurang lebih 5-10 detik kemudian, abis semua tuh kelabang masuk ke mulut aro.

Sebagai informasi, aro saya SR ukuran kurang lebih 25 cm. Ukuran kelabang 10-12 cm. Waktu pemberian kelabang biasanya 2-3 hari sekali, diluar itu diberi jangkrik, itupun dalam jumlah yang sedikit, karena seperti yang sudah saya katakan tadi, aro saya makannya kurang lahap. Kelabang sudah saya berikan kurang lebih 1 bulan ini dengan jangka waktu 2-3 hari sekali.

Mohon pencerahannya
SatoeGairah is offline   Reply With Quote
Old 08-07-2009, 01:35 PM   #2
jonatan_81 (565)
NAC MEMBER
 
jonatan_81's Avatar
 
Join Date: Mar 2008
Location: jakarta
Posts: 478
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

so far, tdk apa2 kok bro kasih kelabang hidup2 ke aro .
justru baik nya di sesuaikan dgn ukuran aro dan kelabang tsb.
kalo ukuran 25 cm, msh wajar di kasih kelabang uk 10-12 cm, asal jgn kasih yg uk 20cm kelabang nya, bisa2 tersedak dan koit aronya

kalo aro saya dulu uk 25cm, kalo kasih kelabang uk 20cm (kelabang medan, beli di kartini) saya potong jadi 2 kelabang nya. dan kasih nya satu satu dulu Memang agak lama ketelan nya Tapi hebat nya sisa potongan tsb habis di mkn.

kalo skg aronya udah uk 35cm an, udah tdk saya potong lagi kelabang nya
jonatan_81 is offline   Reply With Quote
Old 08-07-2009, 06:26 PM   #3
RB66 (2110)
NAC MEMBER
 
RB66's Avatar
 
Join Date: Aug 2008
Location: Lippo Karawaci-Tangerang
Posts: 1,834
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Ibarat hidup di alam bebas, makanan aro yach biasanya yg msh hidup akan menarik perhatian aro drpd yg sdh koit
Sebaiknya semua makanan diberikan hidup2 agar melatih insting aro utk berburu makanan
RB66 is offline   Reply With Quote
Old 08-07-2009, 06:33 PM   #4
SatoeGairah (561)
NAC MEMBER
 
SatoeGairah's Avatar
 
Join Date: Aug 2008
Location: Bandung
Posts: 553
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Quote:
Originally Posted by jonatan_81 View Post
so far, tdk apa2 kok bro kasih kelabang hidup2 ke aro .
justru baik nya di sesuaikan dgn ukuran aro dan kelabang tsb.
kalo ukuran 25 cm, msh wajar di kasih kelabang uk 10-12 cm, asal jgn kasih yg uk 20cm kelabang nya, bisa2 tersedak dan koit aronya

kalo aro saya dulu uk 25cm, kalo kasih kelabang uk 20cm (kelabang medan, beli di kartini) saya potong jadi 2 kelabang nya. dan kasih nya satu satu dulu Memang agak lama ketelan nya Tapi hebat nya sisa potongan tsb habis di mkn.

kalo skg aronya udah uk 35cm an, udah tdk saya potong lagi kelabang nya
Terimakasih kasih banyak bro buat pencerahannya

Jadi, no problem kan ngasih makan kelabang idup
Saya takutnya si kelabang ngegigit aronya

Terus, yang saya heran, liat si tukang yang jual kelabang, megang kelabang gitu, kok berani ya? Apa ga digigit? Bro sendiri berani ga megang kelabang gitu?
SatoeGairah is offline   Reply With Quote
Old 08-08-2009, 10:22 AM   #5
jonatan_81 (565)
NAC MEMBER
 
jonatan_81's Avatar
 
Join Date: Mar 2008
Location: jakarta
Posts: 478
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Quote:
Originally Posted by SatoeGairah View Post
Terimakasih kasih banyak bro buat pencerahannya


Jadi, no problem kan ngasih makan kelabang idup
Saya takutnya si kelabang ngegigit aronya

Terus, yang saya heran, liat si tukang yang jual kelabang, megang kelabang gitu, kok berani ya? Apa ga digigit? Bro sendiri berani ga megang kelabang gitu?
sebenarnya si pedagang itu berani pegang kelabang dgn tangan kosong, karna gigi / taring di kelabang tsb sudah di potong/di gunting dari sono nya.
saya pribadi pernah coba pegang dgn tangan kosong, tapi tdk berani lagi, karna walaupun taring nya udah di potong, tetep aja kaki2 nya masih tajam , saya tetep pake plastik bekas kelabang tsb buat kasih ke aro
dan juga beli nya tdk banyak kok, paling2 cuman 2 - 3 ekor per minggu aja.
soalnya kata pedagang nya gigi tsb msh bisa numbuh lagi loch dlm waktu 1 minggu setelah di potong
jonatan_81 is offline   Reply With Quote
Old 08-08-2009, 04:57 PM   #6
yudi-cool (490)
NAC MEMBER
 
yudi-cool's Avatar
 
Join Date: Mar 2008
Location: Banda Aceh
Posts: 434
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

hehehe....pengalaman pribadi gwe. terpaksa pake sumpit panjang kasih kelabang idup ke aro. kelabang medan emang super gede...aro ukuran 30-35 gwe emang rakus,,,,4-5 ekor kelabang super ga cukup. tuh aro klo dah liat kelabang senang banget. menggeliat2 dan kadang2 ga sabar nyambar tangan gwe..(dikira makanan jg kali)
di medan harganya 1500/ekor untuk kelabang super gede 15-20 -cman

di aceh ga ada yg jual...hiks
yudi-cool is offline   Reply With Quote
Old 08-08-2009, 06:17 PM   #7
fim (487)
NAC MEMBER
 
fim's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: banda aceh
Posts: 438
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Quote:
Originally Posted by yudi-cool View Post
hehehe....pengalaman pribadi gwe. terpaksa pake sumpit panjang kasih kelabang idup ke aro. kelabang medan emang super gede...aro ukuran 30-35 gwe emang rakus,,,,4-5 ekor kelabang super ga cukup. tuh aro klo dah liat kelabang senang banget. menggeliat2 dan kadang2 ga sabar nyambar tangan gwe..(dikira makanan jg kali)
di medan harganya 1500/ekor untuk kelabang super gede 15-20 -cman

di aceh ga ada yg jual...hiks
d aceh ada pak..cuma mahal 3000/e tuh pun yg kecil..

aro gw mah gw kasi dengan car d potong2 dulu..
karena aro gw masi kecil jadi biar pas ama mlut nya..
fim is offline   Reply With Quote
Old 08-08-2009, 06:27 PM   #8
tomnauly (341)
NAC MEMBER
 
tomnauly's Avatar
 
Join Date: May 2008
Location: indonesia raya
Posts: 301
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Quote:
Originally Posted by yudi-cool View Post
hehehe....pengalaman pribadi gwe. terpaksa pake sumpit panjang kasih kelabang idup ke aro. kelabang medan emang super gede...aro ukuran 30-35 gwe emang rakus,,,,4-5 ekor kelabang super ga cukup. tuh aro klo dah liat kelabang senang banget. menggeliat2 dan kadang2 ga sabar nyambar tangan gwe..(dikira makanan jg kali)
di medan harganya 1500/ekor untuk kelabang super gede 15-20 -cman

di aceh ga ada yg jual...hiks
bos yudi turun gunung ,,,,,
ada teman satu kampoeng bos ,, bos fim . wakakakakakak
tomnauly is offline   Reply With Quote
Old 08-09-2009, 10:20 PM   #9
yudi-cool (490)
NAC MEMBER
 
yudi-cool's Avatar
 
Join Date: Mar 2008
Location: Banda Aceh
Posts: 434
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Quote:
Originally Posted by fim View Post
d aceh ada pak..cuma mahal 3000/e tuh pun yg kecil..

aro gw mah gw kasi dengan car d potong2 dulu..
karena aro gw masi kecil jadi biar pas ama mlut nya..

di mana belinya bro? gile bener harganya segitu?
di aceh semua serba mahal...

SAmpe2 lalat pun kalo bisa di jual pasti mahal disini
yudi-cool is offline   Reply With Quote
Old 08-10-2009, 09:44 AM   #10
jonatan_81 (565)
NAC MEMBER
 
jonatan_81's Avatar
 
Join Date: Mar 2008
Location: jakarta
Posts: 478
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Quote:
Originally Posted by yudi-cool View Post
hehehe....pengalaman pribadi gwe. terpaksa pake sumpit panjang kasih kelabang idup ke aro. kelabang medan emang super gede...aro ukuran 30-35 gwe emang rakus,,,,4-5 ekor kelabang super ga cukup. tuh aro klo dah liat kelabang senang banget. menggeliat2 dan kadang2 ga sabar nyambar tangan gwe..(dikira makanan jg kali)
di medan harganya 1500/ekor untuk kelabang super gede 15-20 -cman

di aceh ga ada yg jual...hiks
wah, kelabang di medan murah juga yach 1500/ekor.
kalo udah masuk JKT harga nya 2 x lipat bro
di kartini harga pasaran nya msh 3ribu/ekor.
nanti kalo ada tugas ke medan, gw borong tuch kelabang medan buat oleh2 aro gw , jadi oleh2 nyabuat orang rmh , gw tdk beli lagi bolu merant*
jonatan_81 is offline   Reply With Quote
Old 08-10-2009, 01:29 PM   #11
fim (487)
NAC MEMBER
 
fim's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: banda aceh
Posts: 438
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Quote:
Originally Posted by yudi-cool View Post
di mana belinya bro? gile bener harganya segitu?
di aceh semua serba mahal...

SAmpe2 lalat pun kalo bisa di jual pasti mahal disini
merak jingga seutui dan neusu juga ada..
aad seutui simp.seulawah juga ada..uk.10cm aja bro..

mahal banget tuh..
kapan kita ngumpul2 nie..
fim is offline   Reply With Quote
Old 08-11-2009, 10:49 AM   #12
arow (1216)
NAC MEMBER
 
arow's Avatar
 
Join Date: Sep 2008
Location: indonesia
Posts: 1,189
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Quote:
Originally Posted by SatoeGairah View Post
Gan, mau tanya nich, saya baca2 disini banyak yang ngasih kelabang sudah dalam keadaan lemes, pingsan, malah ada yang sudah mati dengan cara dipotong-potong.


Nah, saya selama ini ngasih kelabang ke aro saya dalam keadaan hidup. Kira-kira efeknya bagaimana? Bahaya atau tidak buat kesehatan si aro?

Soalnya, aro saya ga mau kalo kelabangnya sudah mati, biasanya dicuekin sampe tenggelem tuh kelabang, maklum aro saya makannya ga lahap.

Biasanya saya memberikan kelabang itu setelah 24 jam perut kosong (jadi sudah laper si aro-nya), nah saya beri dalam keadaan hidup, langsung di caplok, walopun ga langsung ditelen, tapi kurang lebih 5-10 detik kemudian, abis semua tuh kelabang masuk ke mulut aro.

Sebagai informasi, aro saya SR ukuran kurang lebih 25 cm. Ukuran kelabang 10-12 cm. Waktu pemberian kelabang biasanya 2-3 hari sekali, diluar itu diberi jangkrik, itupun dalam jumlah yang sedikit, karena seperti yang sudah saya katakan tadi, aro saya makannya kurang lahap. Kelabang sudah saya berikan kurang lebih 1 bulan ini dengan jangka waktu 2-3 hari sekali.

Mohon pencerahannya
cek PM saya, ada tips pemberian pakan utk aro,..
salam.
arow is offline   Reply With Quote
Old 08-11-2009, 12:46 PM   #13
Jadul (101)
NAC MEMBER
 
Jadul's Avatar
 
Join Date: Jan 2009
Location: Jakarta Selatan
Posts: 87
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Quote:
Originally Posted by arow View Post
cek PM saya, ada tips pemberian pakan utk aro,..
salam.
Kenapa sich bro Arow...ngasih tips nya lewat PM...kenapa ngga diposting aja disini ?? main rahasia2 an nich hehe...ngga seperti sebelum2nya
Jadul is offline   Reply With Quote
Old 08-11-2009, 03:10 PM   #14
arow (1216)
NAC MEMBER
 
arow's Avatar
 
Join Date: Sep 2008
Location: indonesia
Posts: 1,189
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Quote:
Originally Posted by Jadul View Post
Kenapa sich bro Arow...ngasih tips nya lewat PM...kenapa ngga diposting aja disini ?? main rahasia2 an nich hehe...ngga seperti sebelum2nya
bisa cek PM saya bro, semoga menjadi jelas adanya.
salam,..
arow is offline   Reply With Quote
Old 08-11-2009, 03:28 PM   #15
cayadi76 (1142)
NAC MEMBER
 
cayadi76's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: jakarta
Posts: 966
Default Re: Pemberian Pakan Kelabang Hidup

Kalo saya sih selalu langsung hidup2 ngasihnya..asal gede kelabangnya sesuai dengan ukuran aronya
cayadi76 is offline   Reply With Quote
Reply


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 12:37 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2018, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com
Red2Black Style By: Chefhost.com