Home News Articles Forum Member Profile Agent About Us Contact Us
 » Recent Photo Posts
N1wanRed 190 (16978)
N1WAN
N1wanRed 189 (41111)
N1WAN
N1wanRed 185 (43031)
N1WAN
N1wanRed 184 (44531)
N1WAN
N1wanRed 190 (15692)
N1WAN
N1wanRed 188 (40342)
N1WAN

Go Back   N1wanRed FORUMS > LAIN-LAIN > Be Bas
Register FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

Be Bas Forum diskusi bebas topik apa saja (akan dibuat sub forum khusus jika aktif)

Reply
 
Thread Tools
Old 03-03-2010, 10:20 AM   #16
erle (3885)
NAC MEMBER
 
erle's Avatar
 
Join Date: Jun 2008
Location: cibubur
Posts: 2,893
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by djuwanto View Post
Blom OK...blom dapet jawaban dari Bos...gimana dong.....

kalo mao jawabannya kirim ke 9999 ketik ARORIC dan tunggu jawaban nya di HP km........
erle is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 10:54 AM   #17
arofanatics (14132)
NAC 041
 
arofanatics's Avatar
 
Join Date: Apr 2005
Location: city of angel's
Posts: 10,478
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by erle View Post
kalo mao jawabannya kirim ke 9999 ketik ARORIC dan tunggu jawaban nya di HP km........
ck..ck.ckk..isu ini...
__________________
May Aro Force be with U ....Pizz
arofanatics is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 10:55 AM   #18
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by erle View Post
kalo mao jawabannya kirim ke 9999 ketik ARORIC dan tunggu jawaban nya di HP km........
ok...ok...hp tanpa pulsa tanpa batre juga masuk.....
djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 12:30 PM   #19
Bowo (220)
NAC MEMBER
 
Bowo's Avatar
 
Join Date: Jun 2006
Location: Bekasi
Posts: 123
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by andhara View Post
Setau gue, di hukum Newton I, Jarak (S) merupakan faktor dari multiply Kecepatan (V) dengan waktu (t), sehingga selama jarak tempuhnya sama & kecepatan rata2xnya tetap maka waktunya juga sama, kecuali vektor kecepatannya berubah arah.
_ _
S = V*t, dalam Vektor.
Km = Km/Jam * Jam, dalam satuan Metrik.
[L] = [LT-1]*[T], dalam dimensi.

Rotasi Bumi & gravitasi Bumi tidak ada pengaruhnya terhadap kecepatan & waktu tempuhnya.
Rotasi Bumi hanya berpengaruh di waktu tiba & waktu berangkat, bukan di waktu tempuhnya.
Gravitasi Bumi hanya berkaitan erat dengan Gaya berat, Gaya Normal, Gaya Gesek (Turbulen atau Laminer udara) & Gaya Dorong dari pesawat itu agar tetap di jalurnya. Gaya dorong yang besar dihasilkan oleh kecepatan dari Pesawat itu. Sehingga semua friksi yang terjadi bisa dianggap kecil & pesawat melaju dengan kecepatan yang tetap.

CMIIW...sambil belajar juga nih...
Kalo saya setuju ama yang ini
Bowo is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 01:17 PM   #20
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by Bowo View Post
Kalo saya setuju ama yang ini
Rotasi Bumi & gravitasi Bumi tidak ada pengaruhnya terhadap kecepatan & waktu tempuhnya.
mengapa tidak ada pengaruh? sedangkan bumi jelas berputar & pesawat akan jatuh kearah bawah Mis: ada badai dll.(bukti adanya gravitasi)

sedangkan pandangan saya mengapa lamanya jarak tempuh pesawat PP kesuatu tempat adalah hukum gravitasi

mungkin logika saya simplenya seperti ini :

rotasi bumi =bumi berputar pada porosnya(ini sudah pasti)

tapi mungkin kita mikir kok kita yang tinggal di permukaan bumi anteng anteng aja sama sekali gak ngerasa goyang ata bergerak gerak (padahal bumi bergerak atau berputar)

justru kita mikir matahari lah yang bergerak gerak mengelilingi bumi (padahal matahari itu diam)

hal ini di sebabkan gravitasi bumi yang sangat sangat sangat tinggi sehingga kita tidak merasakan pergerakan bumi....hal itu juga yang terjadi kalo kita terbang overseas ,,pengaruh rotasi bumi tidak akan mempengaruhi waktu tempuh penerbangan kalaupun berpengaruh efeknya sangat2 kecil (nyaris gak ada) pengaruhnya hanya pada waktu lokal setempat saat kita terbang dan mendarat di kota asal dan kota tujuan...

jadi kekuatan gravitasi bumi lebih besar daripada rotasi bumi itu sendiri

Bagaimana Pandangan Bapak, mohon dikoreksi jika salah.....


djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 03:57 PM   #21
RB66 (2110)
NAC MEMBER
 
RB66's Avatar
 
Join Date: Aug 2008
Location: Lippo Karawaci-Tangerang
Posts: 1,834
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Kalo nti gak ketemu jwbnya, bs ditanyakan ke prof Yohannes Surya (rektor UMN) kalo mo lbh jelas
RB66 is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 05:23 PM   #22
Bowo (220)
NAC MEMBER
 
Bowo's Avatar
 
Join Date: Jun 2006
Location: Bekasi
Posts: 123
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by djuwanto View Post
Rotasi Bumi & gravitasi Bumi tidak ada pengaruhnya terhadap kecepatan & waktu tempuhnya.
mengapa tidak ada pengaruh? sedangkan bumi jelas berputar & pesawat akan jatuh kearah bawah Mis: ada badai dll.(bukti adanya gravitasi)

sedangkan pandangan saya mengapa lamanya jarak tempuh pesawat PP kesuatu tempat adalah hukum gravitasi

mungkin logika saya simplenya seperti ini :

rotasi bumi =bumi berputar pada porosnya(ini sudah pasti)

tapi mungkin kita mikir kok kita yang tinggal di permukaan bumi anteng anteng aja sama sekali gak ngerasa goyang ata bergerak gerak (padahal bumi bergerak atau berputar)

justru kita mikir matahari lah yang bergerak gerak mengelilingi bumi (padahal matahari itu diam)

hal ini di sebabkan gravitasi bumi yang sangat sangat sangat tinggi sehingga kita tidak merasakan pergerakan bumi....hal itu juga yang terjadi kalo kita terbang overseas ,,pengaruh rotasi bumi tidak akan mempengaruhi waktu tempuh penerbangan kalaupun berpengaruh efeknya sangat2 kecil (nyaris gak ada) pengaruhnya hanya pada waktu lokal setempat saat kita terbang dan mendarat di kota asal dan kota tujuan...

jadi kekuatan gravitasi bumi lebih besar daripada rotasi bumi itu sendiri

Bagaimana Pandangan Bapak, mohon dikoreksi jika salah.....


saya ralat jawabannya... Pengaruhnya ada tapi sangat kecil sekali... Kita analisa dari beberapa hal berikut:
Kita tahu bahwa S = V.t, dimana kecepatan v itu nilainya sama dengan integral percepatan a, dimana nilai percepatan a bergantung terhadap nilai-nilai gaya F yang terkena pada benda tersebut ( F=m.a ). Sekarang gaya-gaya yang berpengaruh ada beberapa macam, yaitu:

1. Gaya yang disebabkan oleh rotasi bumi yaitu gaya sentripetal dan coriolis, efek yang dihasilkan oleh gaya ini sangat kecil ketika suatu benda berada jauh di atas permukaan bumi, karena semakin jauh dgn titik pusat bumi, maka nilai gaya sentripetal akan semakin kecil.

2. Gaya berat benda yaitu dari gaya gravitasi, sebenarnya gaya ini pengaruhnya cukup banyak dikarenakan massa pesawat cukup besar, namun ketika pesawat sedang terbang di atas ada gaya lain yang bekerja yaitu gaya hambat udara yang menahan beban pesawat, sehingga gaya gravitasi tsb tertahan oleh gaya hambat udara tersebut, di samping terhambat juga oleh kecepatan pesawat yang sangat tinggi.

Kira-kira gitu jawaban dari saya yang masih byk belajar, mudah2an byk salahnya
Bowo is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 06:01 PM   #23
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by Bowo View Post
saya ralat jawabannya... Pengaruhnya ada tapi sangat kecil sekali... Kita analisa dari beberapa hal berikut:
Kita tahu bahwa S = V.t, dimana kecepatan v itu nilainya sama dengan integral percepatan a, dimana nilai percepatan a bergantung terhadap nilai-nilai gaya F yang terkena pada benda tersebut ( F=m.a ). Sekarang gaya-gaya yang berpengaruh ada beberapa macam, yaitu:

1. Gaya yang disebabkan oleh rotasi bumi yaitu gaya sentripetal dan coriolis, efek yang dihasilkan oleh gaya ini sangat kecil ketika suatu benda berada jauh di atas permukaan bumi, karena semakin jauh dgn titik pusat bumi, maka nilai gaya sentripetal akan semakin kecil.

2. Gaya berat benda yaitu dari gaya gravitasi, sebenarnya gaya ini pengaruhnya cukup banyak dikarenakan massa pesawat cukup besar, namun ketika pesawat sedang terbang di atas ada gaya lain yang bekerja yaitu gaya hambat udara yang menahan beban pesawat, sehingga gaya gravitasi tsb tertahan oleh gaya hambat udara tersebut, di samping terhambat juga oleh kecepatan pesawat yang sangat tinggi.

Kira-kira gitu jawaban dari saya yang masih byk belajar, mudah2an byk salahnya
terima kasih Pak, saya juga lagi belajar.....
djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 06:06 PM   #24
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by RB66 View Post
Kalo nti gak ketemu jwbnya, bs ditanyakan ke prof Yohannes Surya (rektor UMN) kalo mo lbh jelas
Ahli silat kalo ditanyain gituan bingungkhan
djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 03-04-2010, 12:39 AM   #25
solarcoaster (3375)
NAC MEMBER
 
solarcoaster's Avatar
 
Join Date: Mar 2005
Location: jakarta
Posts: 3,303
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

kalo di jaman gw kuliah, yang ngebahas beginian tuh gerombolan steve "urkel"monggo dilanjut ganngemeng ngemeng tentang gravitasi kaoo gerombolan "trekie" pindah dimensinya pake tractor beam
Attached Thumbnails
Click image for larger version

Name:	633589961676986169-trekkies.jpg
Views:	11
Size:	58.3 KB
ID:	26355  Click image for larger version

Name:	steve5.jpg
Views:	10
Size:	31.3 KB
ID:	26356  
solarcoaster is offline   Reply With Quote
Old 03-05-2010, 11:17 AM   #26
jusufjk (507)
NAC MEMBER
 
jusufjk's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: Jakarta
Posts: 157
Post Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

hadiahnya 1 aro SR ya bos ? hahaha



gini bos, pakai cara simple aja :

bos dju pola pikirnya salah, pasti pola pikirnya gini :
kalau pesawat menuju suatu tempat, dan menuju ke lokasi yg berlawanan dgn rotasi bumi, maka cepat sampai ... (gini kan pola pikir pak djuwanto ?)

alias pola pikir : bahwa lokasi bumi tujuan sedang ber rotasi mendekati pesawat / membantu pesawat cepat sampai.


itu pola pikir salah pak...

sebab kalau pola pikir kaya gitu, itu artinya klo pesawat/heli , naik ke udara dan diam aja di udara 10 menit lalu turun lagi, maka dia akan mendarat di tempat berbeda. (krn dengan alasan bumi berotasi/mutar )


yg bener nya gini :
klo pesawat/heli , naik ke udara dan diam aja di udara 10 menit lalu turun lagi, maka dia akan mendarat di tempat tadi dia naik. (gak perduli bumi berotasi )

PENTING :
saat bumi berotasi, pesawat/ heli juga mengalami rotasi.
karena pesawat/heli juga terkena gaya tarik gravitasi bumi yg 9.8 m/s



jadinya kaya orang naik kereta, saat kereta berjalan, ada orang lompat-lompat ditempat diatas kereta, apa tuch orang jadi lama2 geser n pindah ke gerbong belakang ? ngga kan...

Pola pikir pak Djuwanto bisa diterapkan dengan syarat :
1. bumi berotasi dengan gravitasi 9.8
2. pesawat/heli gak kena gaya tarik bumi alias gravitasinya nol..

nah klo giini, maka saat itu pesawat/heli ngambang diem di udara, maka saat turun, dia akan tiba di tempat lain.


ok pak, saya nanti mampir ambil aro nya ya.... thx
jusufjk is offline   Reply With Quote
Old 03-05-2010, 11:59 AM   #27
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by jusufjk View Post
hadiahnya 1 aro SR ya bos ? hahaha



gini bos, pakai cara simple aja :

bos dju pola pikirnya salah, pasti pola pikirnya gini :
kalau pesawat menuju suatu tempat, dan menuju ke lokasi yg berlawanan dgn rotasi bumi, maka cepat sampai ... (gini kan pola pikir pak djuwanto ?)

alias pola pikir : bahwa lokasi bumi tujuan sedang ber rotasi mendekati pesawat / membantu pesawat cepat sampai.


itu pola pikir salah pak...

sebab kalau pola pikir kaya gitu, itu artinya klo pesawat/heli , naik ke udara dan diam aja di udara 10 menit lalu turun lagi, maka dia akan mendarat di tempat berbeda. (krn dengan alasan bumi berotasi/mutar )


yg bener nya gini :
klo pesawat/heli , naik ke udara dan diam aja di udara 10 menit lalu turun lagi, maka dia akan mendarat di tempat tadi dia naik. (gak perduli bumi berotasi )

PENTING :
saat bumi berotasi, pesawat/ heli juga mengalami rotasi.
karena pesawat/heli juga terkena gaya tarik gravitasi bumi yg 9.8 m/s



jadinya kaya orang naik kereta, saat kereta berjalan, ada orang lompat-lompat ditempat diatas kereta, apa tuch orang jadi lama2 geser n pindah ke gerbong belakang ? ngga kan...

Pola pikir pak Djuwanto bisa diterapkan dengan syarat :
1. bumi berotasi dengan gravitasi 9.8
2. pesawat/heli gak kena gaya tarik bumi alias gravitasinya nol..

nah klo giini, maka saat itu pesawat/heli ngambang diem di udara, maka saat turun, dia akan tiba di tempat lain.


ok pak, saya nanti mampir ambil aro nya ya.... thx
he he he, that right Pak, berarti saya bener juga Pak, cuma penyampainya tidak sebaik Bapak, saya menganggap gravitasi Bumi sangat sangat sangat kuat,sehingga rotasi bumi tidak berpengaruh, disini Gravitasi yg pegang peranan, namun saya ngak bisa pastikan itu benar , makanya saya bertanya Pak,dan didukung Bapak, kalau gitu mari rame2 timpuk Bata saja ke Bro Andhara.......pake rumus2 bikin saya mumet Pak...hihihi, soal hadiah.....blom mampu Pak, hohoho
djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 03-05-2010, 12:05 PM   #28
arofanatics (14132)
NAC 041
 
arofanatics's Avatar
 
Join Date: Apr 2005
Location: city of angel's
Posts: 10,478
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by solarcoaster View Post
kalo di jaman gw kuliah, yang ngebahas beginian tuh gerombolan steve "urkel"monggo dilanjut ganngemeng ngemeng tentang gravitasi kaoo gerombolan "trekie" pindah dimensinya pake tractor beam
mr. data...energies....szaapp
__________________
May Aro Force be with U ....Pizz
arofanatics is offline   Reply With Quote
Old 03-05-2010, 01:14 PM   #29
jusufjk (507)
NAC MEMBER
 
jusufjk's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: Jakarta
Posts: 157
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by djuwanto View Post
he he he, that right Pak, berarti saya bener juga Pak, cuma penyampainya tidak sebaik Bapak, saya menganggap gravitasi Bumi sangat sangat sangat kuat,sehingga rotasi bumi tidak berpengaruh, disini Gravitasi yg pegang peranan, namun saya ngak bisa pastikan itu benar , makanya saya bertanya Pak,dan didukung Bapak, kalau gitu mari rame2 timpuk Bata saja ke Bro Andhara.......pake rumus2 bikin saya mumet Pak...hihihi, soal hadiah.....blom mampu Pak, hohoho
ahahuuhahuei.... kaskuser juga nih gan...
klo bro andhara di timpuk bata, nanti di bales pake SR + cendol..
mau donk...
jusufjk is offline   Reply With Quote
Old 03-05-2010, 02:10 PM   #30
kalesa (4778)
NAC 019
 
kalesa's Avatar
 
Join Date: Sep 2003
Posts: 4,473
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

wah tumben ada yang serius,

mo nanya juga...

kenapa arah angin sepertinya tidak terpengaruh arah rotasi bumi?
__________________
tnQ


...boleh ngutip...

semangat juang yang tak pernah mati adalah wujud nyata kebangkitan sejati
kalesa is offline   Reply With Quote
Reply


Currently Active Users Viewing This Thread: 1 (0 members and 1 guests)
 
Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

vB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off
Forum Jump


All times are GMT +7. The time now is 08:30 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2018, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com
Red2Black Style By: Chefhost.com