Home News Articles Forum Member Profile Agent About Us Contact Us
 » Recent Photo Posts
N1wanRed 190 (13899)
N1WAN
N1wanRed 189 (37216)
N1WAN
N1wanRed 185 (39825)
N1WAN
N1wanRed 184 (41201)
N1WAN
N1wanRed 190 (13721)
N1WAN
N1wanRed 188 (36654)
N1WAN

Go Back   N1wanRed FORUMS > LAIN-LAIN > Be Bas
Register FAQ Members List Calendar Mark Forums Read

Be Bas Forum diskusi bebas topik apa saja (akan dibuat sub forum khusus jika aktif)

Reply
 
Thread Tools
Old 03-02-2010, 07:03 PM   #1
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Friends,mau tanya nih,
kenapa ya kalau kita berpergian ke satu Negara misalkan dari Jakarta ke Amerika,waktu yg ditempuh kurang lebih sama antara pergi dan pulang dengan pesawat(kalau ada paling selisih 1jam, inipun diperkirakan pengaruh kecepatan angin,cuaca selama penerbangan)

logikanya khan begini, jika kita pergi berarti pesawat semakin menempuh jarak yg jauh karena putaran rotasi bumi, sedangkan jika pulang semakin cepat sampai ditujuan karena terbantu putaran rotasi bumi.

(jika pesawat tetap mengikuti Gravitasi Bumi, menurut pandangan saya tetap saja pesawat memiliki kecepatan massa sendiri melawan titik gravitasi tepat dibawah pesawat karena kecepatan pesawat diudara uk.besar bisa melaju mencapai 900-1000km/jam, terbukti pesawat bisa sampai tujuan +/- 20jam)
tolong di beri pencerahannya, thx.
djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 03-02-2010, 08:41 PM   #2
h4di (4741)
NAC MEMBER
 
h4di's Avatar
 
Join Date: Mar 2008
Location: Cibubur
Posts: 3,324
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Waduh kalo jago tidur ama makan nggak bisa dong ... tidur lagi deh... dah kenyang
h4di is offline   Reply With Quote
Old 03-02-2010, 09:14 PM   #3
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by h4di View Post
Waduh kalo jago tidur ama makan nggak bisa dong ... tidur lagi deh... dah kenyang
Bos, punya ilmu jangan simpen2 dong, I lagi pusing juga nih kalo pikir2 pertanyaan gituan, padahal kejadian sehari2......
djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 07:07 AM   #4
erle (3885)
NAC MEMBER
 
erle's Avatar
 
Join Date: Jun 2008
Location: cibubur
Posts: 2,893
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by djuwanto View Post
Friends,mau tanya nih,
kenapa ya kalau kita berpergian ke satu Negara misalkan dari Jakarta ke Amerika,waktu yg ditempuh kurang lebih sama antara pergi dan pulang dengan pesawat(kalau ada paling selisih 1jam, inipun diperkirakan pengaruh kecepatan angin,cuaca selama penerbangan)

logikanya khan begini, jika kita pergi berarti pesawat semakin menempuh jarak yg jauh karena putaran rotasi bumi, sedangkan jika pulang semakin cepat sampai ditujuan karena terbantu putaran rotasi bumi.

(jika pesawat tetap mengikuti Gravitasi Bumi, menurut pandangan saya tetap saja pesawat memiliki kecepatan massa sendiri melawan titik gravitasi tepat dibawah pesawat karena kecepatan pesawat diudara uk.besar bisa melaju mencapai 900-1000km/jam, terbukti pesawat bisa sampai tujuan +/- 20jam)
tolong di beri pencerahannya, thx.

Om Dju, apakah pesawat pada saat pergi pasti tambah jauh?? kan bisa terbangnya ngikutin arah putaran bumi...
erle is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 08:03 AM   #5
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by erle View Post
Om Dju, apakah pesawat pada saat pergi pasti tambah jauh?? kan bisa terbangnya ngikutin arah putaran bumi...
ok, putaran rotasi bumi adalah barat ke timur, sebuah pesawat ketika terbang dari Jkt ke Amric lintasannya(sesuai peta pesawat) adalah barat ke timur juga/ searah rotasi bumi. sedangkan pesawat dari Amric ke Jkt lintasannya(sesuai peta pesawat)timur ke barat. namun rotasi bumi tetap bergerak barat ke timur,berarti pesawat melawan rotasi bumi.

jika demikian dapat disimpulan pesawat dari jkt ke Amric menempuh jarak lebih lama dibanding Amric ke Jkt.ini pendapat saya(sorry kalao salah dikoreksi) pasti ada yg miss.
djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 08:54 AM   #6
impy (1731)
NAC MEMBER
 
impy's Avatar
 
Join Date: Nov 2008
Location: Jakarta
Posts: 1,251
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by djuwanto View Post
ok, putaran rotasi bumi adalah barat ke timur, sebuah pesawat ketika terbang dari Jkt ke Amric lintasannya(sesuai peta pesawat) adalah barat ke timur juga/ searah rotasi bumi. sedangkan pesawat dari Amric ke Jkt lintasannya(sesuai peta pesawat)timur ke barat. namun rotasi bumi tetap bergerak barat ke timur,berarti pesawat melawan rotasi bumi.

jika demikian dapat disimpulan pesawat dari jkt ke Amric menempuh jarak lebih lama dibanding Amric ke Jkt.ini pendapat saya(sorry kalao salah dikoreksi) pasti ada yg miss.
Sudah ditanyakan dulu ke pilot, apakah laju pesawat saat pulang dan pergi itu sama?
Kalau rata-rata kecepetan saat pergi & pulang adalah sama, maka apa yang Om Dju pikirkan perlu dilanjutkan mikirnya, tetapi kalau sebaliknya...heheh...bisa disudahi atau lebih harus dipikirkan kalau rata2 kecepatan saat pergi ternyata malah > dari rata2 kecepatan saat pulang.
impy is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 08:59 AM   #7
djuwanto (4795)
NAC MEMBER
 
djuwanto's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: jakarta
Posts: 4,345
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by impy View Post
Sudah ditanyakan dulu ke pilot, apakah laju pesawat saat pulang dan pergi itu sama?
Kalau rata-rata kecepetan saat pergi & pulang adalah sama, maka apa yang Om Dju pikirkan perlu dilanjutkan mikirnya, tetapi kalau sebaliknya...heheh...bisa disudahi atau lebih harus dipikirkan kalau rata2 kecepatan saat pergi ternyata malah > dari rata2 kecepatan saat pulang.
mendetail sih blom Pak....blom tanya , justru nanyanya disini.... (kalau kecepatan harusnya sama, ngak mungkin kalau speed pesawat waktu pergi mis:1000km/jam waktu balik sengaja pilot turunkan jadi 800-900km/jam hanya untuk ngepas waktu PP, tentu tidak ada manfaatnya secara bisnis, hanya membuang2 waktu)
soal lintasan cuma lihat peta lintasan pesawat di penebangan biasanya digarismerah 1 line saja
djuwanto is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 09:24 AM   #8
andhara (10651)
NAC MEMBER
 
andhara's Avatar
 
Join Date: Nov 2006
Location: My Mother Earth, Jakarta
Posts: 9,518
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by djuwanto View Post
Friends,mau tanya nih,
kenapa ya kalau kita berpergian ke satu Negara misalkan dari Jakarta ke Amerika,waktu yg ditempuh kurang lebih sama antara pergi dan pulang dengan pesawat(kalau ada paling selisih 1jam, inipun diperkirakan pengaruh kecepatan angin,cuaca selama penerbangan)

logikanya khan begini, jika kita pergi berarti pesawat semakin menempuh jarak yg jauh karena putaran rotasi bumi, sedangkan jika pulang semakin cepat sampai ditujuan karena terbantu putaran rotasi bumi.

(jika pesawat tetap mengikuti Gravitasi Bumi, menurut pandangan saya tetap saja pesawat memiliki kecepatan massa sendiri melawan titik gravitasi tepat dibawah pesawat karena kecepatan pesawat diudara uk.besar bisa melaju mencapai 900-1000km/jam, terbukti pesawat bisa sampai tujuan +/- 20jam)
tolong di beri pencerahannya, thx.
Setau gue, di hukum Newton I, Jarak (S) merupakan faktor dari multiply Kecepatan (V) dengan waktu (t), sehingga selama jarak tempuhnya sama & kecepatan rata2xnya tetap maka waktunya juga sama, kecuali vektor kecepatannya berubah arah.
_ _
S = V*t, dalam Vektor.
Km = Km/Jam * Jam, dalam satuan Metrik.
[L] = [LT-1]*[T], dalam dimensi.

Rotasi Bumi & gravitasi Bumi tidak ada pengaruhnya terhadap kecepatan & waktu tempuhnya.
Rotasi Bumi hanya berpengaruh di waktu tiba & waktu berangkat, bukan di waktu tempuhnya.
Gravitasi Bumi hanya berkaitan erat dengan Gaya berat, Gaya Normal, Gaya Gesek (Turbulen atau Laminer udara) & Gaya Dorong dari pesawat itu agar tetap di jalurnya. Gaya dorong yang besar dihasilkan oleh kecepatan dari Pesawat itu. Sehingga semua friksi yang terjadi bisa dianggap kecil & pesawat melaju dengan kecepatan yang tetap.

CMIIW...sambil belajar juga nih...
andhara is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 09:36 AM   #9
arofanatics (14132)
NAC 041
 
arofanatics's Avatar
 
Join Date: Apr 2005
Location: city of angel's
Posts: 10,478
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

hayooo yg bisa jawab gw kasi cendol sgrobak
__________________
May Aro Force be with U ....Pizz
arofanatics is offline   Reply With Quote
Old 03-03-2010, 09:47 AM   #10
arofanatics (14132)
NAC 041
 
arofanatics's Avatar
 
Join Date: Apr 2005
Location: city of angel's
Posts: 10,478
Default Re: Ask-jago sains,fisika masuk sini!!!

Quote:
Originally Posted by djuwanto View Post
mendetail sih blom Pak....blom tanya , justru nanyanya disini.... (kalau kecepatan harusnya sama, ngak mungkin kalau speed pesawat waktu pergi mis:1000km/jam waktu balik sengaja pilot turunkan jadi 800-900km/jam hanya untuk ngepas waktu PP, tentu tidak ada manfaatnya secara bisnis, hanya membuang2 waktu)
soal lintasan cuma lihat peta lintasan pesawat di penebangan biasanya digarismerah 1 line saja
om, ane cuman bisa linkin2...check this: