View Single Post
Old 05-17-2007, 11:59 PM   #10
dony
NAC 058
 
dony's Avatar
 
Join Date: Aug 2004
Posts: 4,345
Default Re: * Hati-hati beli Super Red murah *

menurut (teori) gue, sptnya mulai banyak yang mulai masuk ke bisnis arowana akhir2 ini karena publikasi yang cukup gencar di media2. konsekwensinya, (mungkin) banyak pemain2 baru yang mau main2 dengan harga, karena persaingan makin ketat (pembeli tidak begitu banyak, tapi jumlah penjual bertambah). Akhirnya pada mulai banting-bantingan harga dengan konsekuensi pedagang2 tsb akan mendapat margin keuntungan yang sangat tipiiiis sekali atau bahkan jual rugi. Apalagi kita juga nggak bisa jamin kualitas aronya bagus atau nggak (karena aro yang dijual yang anakan, jadi kualitas aslinya belum terlihat), tentunya JANGAN MUDAH TERGIUR DENGAN HARGA MURAH, karena nggak ada jaminan aro harga murah itu berkualitas. Bisa jadi nggak pure breed, atau memang sisa-sisa sortiran.
So, gue rasa penting sekali untuk memilih pedagang yang terpercaya, yang tau persis kualitas indukan dari anakan aro yang dijual. I also believe that ada harga pasti ada kualitas, nggak bisa dijamin kalo kita beli SR murah (kecuali orang minat jual kepepet) SR yang kita beli termasuk pure breed atau SR hi quality.

gue rasa kondisi spt sekarang ini lazim dalam dunia bisnis, nantinya akan terseleksi dengan sendirinya para pedagang2 yang terpercaya dan yang belum paham benar mengenai kualitas arowana, yang menjaga mutu aro yang dijual, dan tentunya bukan dengan harga yang kacangan. Karena konsekwensi dari SR yang kualitasnya top nggak akan semudah itu dijual dengan harga murah.

ini spt transaksi masa depan lho .. beli kecil spt SR berkualitas, besarnya belum tentu ..
jadi jangan sampai terlalu mudah tergiur dengan SR harga murah.

rasanya menurut gue gitu ..
dony is offline   Reply With Quote