View Single Post
Old 08-11-2005, 06:21 PM   #3
Gaga
NAC 005
 
Gaga's Avatar
 
Join Date: Dec 2004
Location: Jakarta
Posts: 1,979
Default Re: Mohon saran rekan-rekan

Quote:
Originally Posted by wijaya
Saya punya SR, beli dari mas Niwan waktu ukuran 15 cm. Sebulan setengah setelah saya pelihara, ada gejala drop eye pada mata sebelah kanan. Jadi saya taruh di bak fiber selama krg lebih 3 bln. Kurang lebih 2 minggu yang lalu, saya kembalikan ke aquarium lagi. Mata kanan kembali normal. Sesuai dengan pembahasan rekan2, kali ini saya taruh lampu nan didasar aquarium menghadap ke atas. Tapi sekarang saya lihat kok mata kanan kembali menunjukan gejala turun lagi.
Pertanyaan saya:
  1. Apakah SR yang matanya turun, setelah disembuhkan dengan ditempatkan di bak fiber, akan kembali drop lagi setelah dipindahkan ke aquarium?
  2. Kalau saya sembuhkan lagi dengan memindahkannya ke bak fiber lagi, apakan berpengaruh terhadap perkembangan warna? Karena pada saat di bak, saya tidak melakukan tanning.
  3. Ada saran / tips bagaimana mengatasi masalah ini?
Sebagai info: Size aquarium 215(p) x 85 (l)
4 buah lampu nan dari bawah disorotkan ke atas. 2 di dekan sisi depan dan 2 lagi di dekat sisi belakang. Tanning sehari 8 jam menggunakan silvania.
Mohon maaf, Pak! Kalau boleh tahu tinggi aquarium dari lantai berapa centi meter? Tinggi, sedang atau rendah? Soalnya banyak orang yang bilang hal ini berpengaruh terhadap turun atau tidaknya mata. Karena itu orang menyarankan sebaiknya tinggi aquarium dari lantai cukup antara 70 - 90 cm saja.


Saya pernah baca di forum ini juga, katanya mata turun memang bisa sembuh kalau aro dicempungin ke bak fiber, tapi sembuhnya tdk permanen. Begitu dipindahkan lagi ke aquarium, cepat atau lambat matanya kembali akan turun.


Boleh tahu dasar dan kaca belakang aquarium anda menggunakan warna apa? Hitam, biru, polos atau yg lain?

Thanks
Gaga
Gaga is offline   Reply With Quote