View Single Post
Old 01-05-2005, 09:35 AM   #6
JD Winata
NAC 002
 
JD Winata's Avatar
 
Join Date: Jul 2003
Location: Denpasar , Bali
Posts: 5,467
Default Re: kenapa tutup ingsang terbuka?

Insang melipat karena :
1 . Suhu air terlalu panas , jaringan selaput pinggir tutup insang adalah jaringan tissue tipis dan peka terhadap suhu dan kelelahan otot serta
2. Kekurangan kadar oxygen dalam air , kumulatif dgn suhu panas ,dimana pada suhu tinggi daya serap air akan oxygen menurun jauh , ikan akan kekurangan oxygen dan

Insang akan bekerja extra keras membuka dan menutup lsg diikuti gerakan buka tutup mulut , pada saat demikian dgn komplikasi panas suhu berlebihan akan merusak jaringan selaput tutup insang , bagaimana prosesnya hingga terlipat?
Jaringan tutup insang itu menebal di pangkal dan menipis di ujungnya
bagian yg tipis lbh peka terhadap suhu tinggi dan gerakan yg kuat , lama kelamaan krn jaringannya rusak elastisnya maka pinggiran yg tipis mulai kaku (tidak elastik lagi) maka di borderline (batas antara tutup insang yg kaku dan yg masih elastis) akan jadi "menekuk" karena gerakan buka tutup /kipas dari tutup insang.

Supaya ga nekuk :
1. Suhu jangan panas2 dibawah 30'C aja, pasang exhaust fan di kap aquarium supaya panas mau keluar
2. Aerasi harus kuat dan baik
3. Kualitas air harus dijaga ,sering2 ganti air utk mencegah timbunan ammonia yg menghalangi penyerapan oxygen juga krn jenuhnya gas terlarut dlm air.
JD Winata is offline   Reply With Quote