View Single Post
Old 01-04-2005, 10:45 PM   #3
N1WAN
Founder of N1wanRed.com
 
N1WAN's Avatar
 
Join Date: Sep 2000
Location: Jakarta, Indonesia
Posts: 5,914
Default Re: kenapa tutup ingsang terbuka?

Quote:
Originally Posted by rahyudi
Senior! kenapa ya tutup ingsang terbuka sebelah? penyebabnya apa? ada gak pengobatan tanpa operasi?
gejala terlihat 1 Minggu yang lalu, mula2 dua-duanya terlihat mulai membuka tapi selah kondisi air dioptimalkan tutup ingsang sebelah kiri nutup lagi tapi yang kanan tetap terbuka. apakah ini karena stres? Tulungin..!
Penyakit insang buka, umumnya disebabkan oleh kurangnya kandungan oksigen terlarut didalam air aquarium, yg biasanya disebabkan :
  • Aquarium terlalu kecil, sehingga media airnya juga kurang yg mengakibatkan cepat polutan karena kotoran aro. Ditambah parah dengan filter yg tidak memadai, dan jarang ganti air (sebaik-baiknya filter adalah ganti air). Idealnnya aro ukuran 12-40cm di aquarium P120cmxL60cmxT60cm, aro >40cm aquarium >P180cmxL60cmxT60cm
  • Ganti air langsung tanpa diendapkan terlebih dahulu minimal 1-2x24jam, berbahaya kandungan kaporite (pam), chlorine (sumur)
  • Suhu terlalu dingin <26C atau terlalu panas >33C
Jika belum terlalu parah/mengeras dengan perbaikan lingkungan penyebabnya, penyedian qualitas air, aquarium memadai, rutin ganti air yg telah diendapkan dapat pulih dengan sendiri, atau coba ditangkap diurut dikembalikan ke semula , jika ikannya jinak, atau dibius dulu.

Jika sudah keras, tidak ada cara lain selain operasi dipotong dibuang bagian yg melengkung mengeras, agar tumbuh yg baru dan normal, tapi sbelum itu perbaiki atasi penyebabnya. Jika tidak akan kembali terbuka lagi insangnya.

Semoga membantu, rekan yg lain mau menambhkan mengoreksi persilahkan
__________________
N1wanRed
Arowana Captive Breeder, Pro-Shop and Exporter
Whatsapp +62812 10 70008

Youtube :https://www.youtube.com/user/N1wanRed
Facebook :https://www.facebook.com/N1wanRed/
Instagram: https://www.instagram.com/n1wanred
/

Email : n1wanredsales@gmail.com
N1WAN is offline   Reply With Quote