Thread: Manfaat Bioball
View Single Post
Old 12-12-2004, 11:16 PM   #12
Pesona_Arowana
NAC MEMBER
 
Pesona_Arowana's Avatar
 
Join Date: Jul 2004
Posts: 266
Default Re: Manfaat Bioball

Quote:
Originally Posted by nightcrawler_p
gw juga mo tanya neh Prof, .... bioball itu bentuknya kaya apa seh?? trus sama ga sama Biolite??....itu tuh yang bentuknya kaya batu2an trus dibungkus sama kaya semacam kain kasa.
bioball biasanya yg berbentuk bulat..warna hitam, ada yg ber "bulu" / ber ruji2 dan ada yg bercelah-celah. Yg kaya batu-batua an putih di bungkus kain kasa sepertinya mungkin ini zeolite.

biobal : filter biologi, zeolite : filter kimia. Kurang satu nich, filter Mekanik : kapas. Untuk lebih optimal ketiga filter ini di adakan. urutannya filter mekanik dulu (kapas), biologi (biobal) dan kimia (zeolite/arang aktif). filter mekanik pun lambat laun..dgn waktu yg lama akan menjadi filter biologi. Filter kimia jarang di gunakan pd perawatan aro, ada yg pendpt akan mengakibatkan lubang pd kepala

sbenarnya, tdk harus bioball...benda lain pun dpt digunakan. yang terpenting tdk rapuh dan merubah kondisi air.

Nach, ada lgi model filter wet & dry..biobal nya di letakan kering tdk ter rendam dalam air, hanya di lewati tetesan2 air agar kerja bakteri pengurai lebih optimal karena lebih bnyak kontak dgn oksigen.

sy sendiri lebih suka menggunakan filter vegetasi..dgn bantuan tumbuhan tanaman air (Pistia stratoites).
tpi sy rasa/ukur, dgn mengganti air 30%... 2 x seminggu air fresh teruz. jdi buat apa filter (hnya filter mekanik, agar aro bisa terlihat /bening)

PA
Pesona_Arowana is offline   Reply With Quote