View Single Post
Old 07-10-2003, 10:11 AM   #8
JD Winata
NAC 002
 
JD Winata's Avatar
 
Join Date: Jul 2003
Location: Denpasar , Bali
Posts: 5,467
Default

Wah thanks inputnya, banyak yg saya belum tahu nich,
setahu saya baru ada 2 jenis pike yaitu essox lucius dan essox americanus, input dari anda saya forward juga ke Cliff Emmens, Jorg Vierke dan Herbert Axelrod, kbetulan sering e-mail nanya2 ttg aquaria,dan kelihatannya Freswater species harus nambah catatan baru nich.
Turunannya itu pasti masih f1 ya karena katanya steril jadi ga ada f2nya, unik juga ya padahal satu genus , mestinya ga steril, unik sekali anomali alam mungkin, atau mutasi total species genus ini, atau mungkin pengaruh polusi .
Salut buat mas Har, saya mau nyari seekor aja Essox Lucius susahnya setengah mati, pesan ke luar, dikirimin Chicla Ocealaris atau Chicla Temensis. Kalau bner dapet di web yg kmarin anda sebut (blm direply mrk) saya kalkulasi dgn ongkos kirim about above US$450 (mahal di DTD servicenya, soalnya bkn partai) dan ikan ini masih tangkapan alam. Anda punya 50 ekor, tahun lalu posisi kurs US$ July 2002 di kisaran Rp10.000 berarti total 50 X 450$ X Rp10.000 = Rp225.000.000, wow! fantastis! sayang coba anda invest di farming arawana aja, gimana nich, rekan2 ada yg bisa supply indukan aro ke mas Har, kalo minat nich?
Kolamnya pasti besar sekali ya? 50 ekor essox lucius, lalu ada tiger catfish, patin, dsb2 ,saya tebak sekitar 500m2 ya? kolam air deras lagi, canggih deh , pake pompa dorong brp pk mas Har? atau pake system irigasi sungai ? tapi pasti pake pompa ya? sulit buat kolam besar di lereng /tebing utk nangkap aliran deras sungai ya?
Kasih makannya berapa banyak ikan Mas ? saya diperingati sama rekan pakar ikan dari US, genus Essox bisa makan hampir 15% berat tubuhnya setiap hari dgn mulut besarnya, asumsi beli 7" sudah 1 thn, kalo hidup pasti ukuran 3kg-an , sehari seekor makan 4 ons ikan dikali 50 ekor jadi 20kg ikan mas perhari (sekitar Rp7000/kg) wah gede juga ongkos makannya, apa dgn investasi sebesar itu ga sayang kalo dipancing mas Har? kasih ke saya seekor aja deh, saya janji saya rawat baik2 deh. he he he
JD Winata is offline   Reply With Quote