Thread: Masalah DE
View Single Post
Old 07-09-2009, 11:55 AM   #21
arow
NAC MEMBER
 
arow's Avatar
 
Join Date: Sep 2008
Location: indonesia
Posts: 1,189
Default Re: Masalah DE

Quote:
Originally Posted by Jacobz View Post
Bro... gw jadi bingung.... kalo kita tanning, mata aro cenderung ngeliat ke sinar atau cenderung menghindari sinar? lampu akuarium sih ada 2, satunya letak diatas akuarium dan satunya lagi gw letakkan 5cm di dasar akuarium (buat tanning). lampu yang diatas gw nyala 12 jam dari pagi ampe malam, sedangkan lampu buat tanning gw nyalain dari malam ampe pagi.... kira2 ada yang salah, Bro?
Note: Sebelum gw mulai tanning, SR gw juga dah menunjukkan gejala DE
DE itu makin terpicu dg penempatan lampu yg salah krn bro letakkan di dasar aq.
tidak usah terlalu pusing dg posisi tanning di depan, di samping, dsb. kalo memang mau merah dg pencahayaan yg cukup ya pasti merahlah krn tergantung genetik.
mata aro cenderung melihat ke arah letak lampu. tiru seperti di alam, cahaya matahari datang dari atas kan, bukan dari bawah? nah itu yg jadi prinsip.
kalo bro mau tanning, posisi lampu tetap bisa ditaruh atas koq, tapi perhatikan warna ring sisik apa udah mulai muncul biasanya sekitar usia 1-2tahun, nah baru mulai tanning dilakukan. kalo saya tanning cuma membedakan jenis lampunya aja, utk tanning saya pake UVbiru(jenis AB), sedangkan utk viewing (melihat/menikmati aro) saya pakai lampu UVmerah (jenis PG). kalo aro masih kecil / remaja, warna ring belum muncul, ya jangan keburu nafsu tanning, pake lampu jenis PG dulu aja.
semoga jelas,..
arow is offline   Reply With Quote