View Single Post
Old 05-08-2009, 12:57 AM   #37
hikari
NAC MEMBER
 
hikari's Avatar
 
Join Date: Jun 2007
Location: Jakarta
Posts: 250
Default Re: tips2 nasfu makan buat aro

Quote:
Originally Posted by newb4ev3r View Post
Sekilas info ajah... Ini sih klaim dari produsennya, silakan dicek langsung di websitenya. Luas permukaan media filter biologis adalah sbb:

Aqua Medic Bactoballs: 300 sqm/m3 = 0.3 sqm/litre (ini adalah bioball kualitas top yang dijamin mahal harganya)
Eheim Substrate Pro: 450 sqm/litre

Perhatikan bahwa 1 liter substrate pro mempunyai luas permukaan 450 m2. Sedangkan 1 liter bioball cuman punya luas permukaan 0.3 m2. Jadi diperlukan 1.500 liter bioball untuk menyamai luas permukaan 1 liter substrate pro... sedangkan saya rasa luas sump filter bro kaga nyampe 1000 liter... jadi kalo diitung-itung sih filter Eheim 2213 kecil yang cuman pake 2 liter substrate pro itu jauh lebih banyak bakterinya daripada filter sump bro yang memakan tempat jauh lebih banyak...

Sebenarnya media biologis macem bioball dan japmat lebih cocok untuk keperluan di kolam di mana luas filternya gede banget.

Btw, activated carbon lebih sakti lagi tuh luas permukaannya...

biar cuman 2 liter, tapi harganya..... weleh weleh



Quote:
Originally Posted by dhlee View Post
sr kecil saya skrg 45cm up, dalam 1 hari bisa menghabiskan sekitar 50 ekor jangkrik kalo saya lagi iseng beli jangkrik. jangkriknya gak satu2 per ekor dicemplungin.. tapi langsung masukan 10 ekor kemudian 10 ekor seterusnya sampe habis kira2 dalam 5-7 menit habis sekitar 50 ekor jangkrik dimakan. filter, kapas (udah gak diganti selama 1 bulan). begitu juga dengan media biologis saya gak kutak kutik, saya pun ga pake carbon karena emang udah bersih. ditambah saat ini saya sedang sibuk2nya dengan urusan pekerjaan, aro2 saya agak terlantar dirumah jarang ganti air, udah hampir 2 minggu gak ganti air. apalagi sr saya yg gede gak kenal kata kenyang.. ada makanan diatas hajar trus..
jangkrik taiwan modelnya kayak apa nih bos, bening-bening gak
kalo bening, pantesan aja aronya jail
hikari is offline   Reply With Quote