View Single Post
Old 10-16-2008, 11:09 AM   #41
tanto
NAC MEMBER
 
tanto's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: jkt
Posts: 531
Default Re: sump filter atau filter samping

Quote:
Originally Posted by arow View Post
bro tanto : GREAT IDEA to you for sump filter.
begini bro, ada yang ingin saya tanyakan, khususnya mengenai pipa yang menurunkan air dari atas ke bawah, dengan adanya lobang nipple, maka saat pompa mati, air akan berhenti otomatis setinggi lobang nipple tersebut. itu oke, gak masalah.
namun jika listrik kembali nyala, apakah perlu pompa untuk menyedot air dari atas ke bawah? atau apakah dengan memanfaatkan sistem grafitasi, yakni dengan melobangi dinding akuarium setinggi lobang nipple tersebut? nah ini yang saya agak bingung.
karena menurut perkiraan saya setelah aliran air berhenti setinggi lobang nipple, maka butuh alat untuk menyedotnya ke bawah, atau dengan memanfaatkan sistem grafitasi namun dengan cara melobangi dinding akuarium?
adakah lobang nipple yang dapat bekerja otomatis (tanpa pompa), belinya di mana? atau bisa membuat sendiri? bisa kasi gambarnya / sketsanya bro supaya lebih jelas.
thanks utk semua masukannya bro..

ini dia yang menjadi masalah bahkan sampai saat ini masih memusingkan kepala saya.
3 aqua jumbo yang saya siapkan untuk aqua show filter uda sump(1 aqua sump untuk 3 aqua) jujur saja masalah lobang melobang sisi kaca aqua uda dari kemaren2 sangat2 memeras otak sama temen tuh bahkan experimen dengan berbagai macam alat uda berminggu2 kemaren dikerjakan bahkan sampai tengah malam, tapi sampai detik ini belum ketemu solusinya,.
temen bahkan uda menunjukkan tanda menyerah tuh kalo nurutin maunya saya untuk tidak melobangkan sisi kaca aqua, saya maunya tuh pipa langsung dari atas, tidak dengan memposisikan sejajar dengan permukaan aqua.(melobangi kaca)
tapi tenang aja sejak 2 hari lalu uda ada bayangan solusinya gimana tapi sekarang lagi tahap experimen jadi ya saya belum bisa info kan disini.
bayangan solusi simple saya untuk sekarang adalah dengan menambahkan sesuatu yang sifatnya 1 arah aliran yang bisa jadi peng-backup air pada pipa agar tidak kembali kering saat pompa off dan sistem harus kembali on semua saat pompa kembali bekerja.lagi menerapkan sistem sifon. semua pasti tau donk selang sifon yang umum dipake untuk sedot kotoran. kalo selang sifon diangkat dari air pasti air yang uda masuk ke selang sifon gak ikutan ngucur abis kan nah begitulah kira2 sistemnya nanti, tapi bukan berarti ini solusinya dengan menerapkan cara ini ada masalah lain lagi yang mungkin bisa terjadi.bagaimana cara agar sistem sifon bisa bersifat fleksible dalam arti, saat pompa mati maka aliran air juga harus mati sedangkan sifon kan kalo air belum lebih rendah dari ujung selang maka aliran air akan terus terjadi sedangkan ujung pipa pada aqua utama kan pastinya sampai dasar aqua, bisa celaka donk kalo air terus mengalir sampai air aqua kering.
maka dari itu sekarang ini sedang berpikir keras untuk menggabungkan antara cara kerja sifon dengan nipple angin itu.
tunggu aja nantinya kalo uda berhasil saya infokan...
tanto is offline   Reply With Quote