Thread: Giant fish
View Single Post
Old 11-24-2007, 04:55 PM   #28
aroindah
NAC MEMBER
 
Join Date: Nov 2007
Location: Jakarta
Posts: 542
Default Re: Giant fish

Itu namanya lele eropa (Silurus Glanis) memang dalam Guiness Book of Records tercatat sebagai ikan air tawar terbesar di dunia. Specimen sepanjang 4,5 m bobot lebih dari 200 kg pernah tertangkap. Namun dewasa ini ikan yang lebih dari 90 cm sudah dianggap besar.

Ikan air tawar terbesar saat ini adalah Patin raksasa Mekong, Pangasianodon Gigas. Penghuni perairan dalam sungai Mekong (hanya sungai Mekong dan anak2 sungainya) dan tidak terdapat di sungai2 lain di Asia Tenggara. Statusnya malah lebih gawat dari arowana asia (scleropages formosus sp red and gold), jika arowana statusnya "endangered" atau " terancam" maka statu patin ini "critically endangerd" atau "terancam kritis", suatu kelas diatas "punah di alam" atau "extinc in nature". Rata2 dewasanya 2.4 m bobot 200 kg. Tahun 2005 tertangkap specimen seberat hampir 300 kg sepanjang 2.7m. Bandingkan 200 kg panjang 4,5m untuk lele eropa! (lihat lampiran1)

Bentuknya ketika kecil mirip patin biasa/ Pangasius sutchi/lele bangkok.

Namun dia juga tercatat sebagai ikan yang pertumbuhannya paling pesat. Dalam waktu 5 tahun burayaknya dapat tumbuh mencapai bobot 200 kg.

Merupakan ikan konsumsi di Bangkok walaupun para biarawan masih menganggapnya ikan keramat.

Kawin suntik, atau induction spawning sudah sukses dilakukan untuk interbreed dengan species lain karana langkanya induk. Biasanya dikawinkan dengan pangsius lain yang lebih banyak telornya, untuk menghasilkan ikan patin konsumsi yang pesat tumbuhnya dan banyak telurnya sehingga pembenihannya juga gampang.

Namun sudah hampir tidak ditemukan lagi di alam sungai mekong. Dan hanya badan perikanan Thailand yang mempunyai stock indukan. Beberapa tahun silam Balai ini melepaskan 3 (tiga) ekor indukan kembali ke sungai mekong untuk mempertahankan populasinya.

Saingan tereberatnya adalah ikan patin "mampu memangsa anjing" (P. Sanitwongsei) yang juga terdapat di sungai Mekong dan sungai2 lainnya di Vietnam, Laos Kamboja dan Thailand. Patin ini merupakan ikan karnivora, mungkin bisa memangsa anjing. Namun tidak langka dan sudah dikenal di kalangan ikan hias sebagai Paroon Shark. Di Indonesia lebih dikenal dengan lele "Jenghis Khan". Coba cari di Sumenep dan Kartini pasti ada. Ada catatan bahwa ikan ini mampu mencapai bobot 300 kg sepanjang 3 m juga! Namun tidak autentik.

Yang paling menarik dari record ikan air tawar adalah ikan tawes raksasa Siam (Catlocarpio Siamensis) yang juga terdapat di sungai2 Thailand, Mekong, Vietnam dan Kamboja. Ikan ini umumnya berukuran dewasa 100 kg, panjang 1,2 m. Namun seperti ikan koi dan ikan mas, pertumbuhan ikan karper tidak berhenti sesuai dengan usianya. Catatan ikan ini ada yang sampai 3 meter! Walau tidak ditimbang, agaknya dia berbobot lebih dari 500kg!

Ikan arapaima,pirachuru (arapaima gigas) sering juga disebut sebagai ikan air tawar terbesar. Panjang rata-rata dewasanya 2 m dengan bobot 68 kg!
Attached Images
      
aroindah is offline   Reply With Quote