N1wanRed FORUMS

N1wanRed FORUMS (https://www.n1wanred.com/isi/forum/index.php)
-   Penyakit, pencegahan & pengobatan (https://www.n1wanred.com/isi/forum/forumdisplay.php?f=12)
-   -   Manfaat Bioball (https://www.n1wanred.com/isi/forum/showthread.php?t=319)

aromanic 11-26-2004 10:09 PM

Manfaat Bioball
 
Sebelum penggunaan bioball dalam filter, ikan superred saya rentan sekali terhadap pengakit. Ntah penyakit kulit, sisik berdiri, nafsu makan menurun dan sebagainya. Namun setelah saya menambah bioball dalam filter aquarium saya sekitar 300 bh ikan saya sekarang tampak sehat dan nafsu makannya kuat sekali.

Alasannya mungkin bakteri pengurai bertambah banyak ya sehingga kualitas airnyapun meningkat.

Terus saya pingin beli bioball sebanyak 5000 buah lagi. Mohon saran tempat grosiran yang murah. Terima kasih.

JD Winata 11-27-2004 05:47 AM

Re: Manfaat Bioball
 
Aroma , terlalu banyak pun kalo over dgn ukuran aquariumnya tidak bermanfaat lho.
Bioball itu tempat tinggal dan berbiakkannya bakteri pengurai di filter , coba mungkin utk lbh efektif mendingan anda beli ceramic ring dan mesh wool ( kayak tapas serabut plastik kasar) utk bio filteringnya lbh efektif lagi bisa dibuat tempat media filter dgn kontak lsg udara yg banyak/luas contoh pake Eheim Pro yg wet&dry system atau pake filter top (system powerhead curah ke tanki atas)

aromanic 11-28-2004 11:40 PM

Re: Manfaat Bioball
 
Oh TQ Mr. Winata. Sebenarnya 5000 buah itu tidak untuk satu aquarium tapi mau saya pakai ke kolam koi dan juga ikan hias air laut saya.

Memang sekarang ini saya mau bikin filter yang lebih bagus dan lebih efektif. Saran Mas Jurgen akan saya tampung. Terima kasih ya.

Lavitz 11-29-2004 09:09 PM

Re: Manfaat Bioball
 
prof. JD mau nanya jg dong. mesh wool itu yg gmn ya? warnanya apa?
kl yg biasa disebut wool kan yg putih. sama gak tuh?

jd yg plg ideal utk tpt berkembang biak bakteri itu ceramic ring atau mesh wool?

thx.

JD Winata 11-30-2004 09:47 AM

Re: Manfaat Bioball
 
Mesh wool itu yg kayak sabut plastik tapas cuci piring lho, Prinsipnya ceramic ring, bioball dan meshwool sama aja fungsinya : tempat bakteri berkolonisasi hingga sempat "mendaurulang" air kotor ,
Kalo ceramic ring mungkin cocok utk filter dgn debit sirkulasi air tinggi (krn banyak ruang2 labirin yg bisa "menangkap" air utk di"makan" oleh koloni bakteri, shingga tidak lewat begitu saja tanpa sempat di'cerna'
Bioball juga demikian cuma lbh utk filter berdebit sedang hingga perlu lbh banyak bioball (dibanding ceramic ring) utk volume kerja bakteri yg optimal
Mesh wool lbh kecil lagi tahanan airnya sehingga idealnya hanya utk debit air kecil atau system air curah dari atas (cth top filter)

hendri 11-30-2004 10:17 AM

Re: Manfaat Bioball
 
informasi yg bagus

Lavitz 11-30-2004 10:08 PM

Re: Manfaat Bioball
 
Ok deh prof. Thx atas petunjuknya.

alvien 12-01-2004 08:52 AM

Re: Manfaat Bioball
 
saya mau tanya juga tentang bioball, penggunaan bioball yang benar itu pada posisi seperti apa, apakah seluruh bioball yang ada didalam filter itu harus terendam oleh air masukan dari aqua atau bioball tersebut hanya dilewati oleh air,maksudnya semua bioball tersebut tidak terendam air?

Lavitz 12-02-2004 09:59 PM

Re: Manfaat Bioball
 
nanya lagi dong. kan kmrn gua ke toko ikan di grogol dan nanya ttg meshwool. tp orgnya gak tau tuh. ada nama laennya gak?
gua sih ada liat media filter yg bahannya kyk senar raket. itu bukan ya?

JD Winata 12-03-2004 09:06 AM

Re: Manfaat Bioball
 
Iya itu dia, kayak plastic noodle gitu , benang nylon tipis di gumpal2.

Sbnernya ada 2 macam jenis utama bakteri ,ada yg pertama mengurai amonia jadi nitrit lalu yg kedua mengurai nitrit sampe habis. (contekan gue di rmh ,ntar malam gue update lengkap deh) jenis pertama memerlukan oxygen utk membantu proses mereka mencerna air , jadi jenis ini sangat2 lbh efektif jika airnya dicurahkan saja dan tidak semuanya direndam (system wet&dry filtering) tapi direndam keseluruhan pun gak kenpa krn air juga masih mengandung oxygen.
Utk jenis kedua , ada proses bakterisasi yg harus nir oxygen , system ini biasanya harus di dahului proses penyerapan oxygen dulu , ada secara mekanis (dipanaskan) maupun photokimia (dilewatkan ke ruang gelap)
jelasnya nanti gue update lagi deh .

nightcrawler_p 12-09-2004 05:40 PM

Re: Manfaat Bioball
 
gw juga mo tanya neh Prof, .... bioball itu bentuknya kaya apa seh?? trus sama ga sama Biolite??....itu tuh yang bentuknya kaya batu2an trus dibungkus sama kaya semacam kain kasa.

Pesona_Arowana 12-12-2004 11:16 PM

Re: Manfaat Bioball
 
Quote:

Originally Posted by nightcrawler_p
gw juga mo tanya neh Prof, .... bioball itu bentuknya kaya apa seh?? trus sama ga sama Biolite??....itu tuh yang bentuknya kaya batu2an trus dibungkus sama kaya semacam kain kasa.

bioball biasanya yg berbentuk bulat..warna hitam, ada yg ber "bulu" / ber ruji2 dan ada yg bercelah-celah. Yg kaya batu-batua an putih di bungkus kain kasa sepertinya mungkin ini zeolite.

biobal : filter biologi, zeolite : filter kimia. Kurang satu nich, filter Mekanik : kapas. Untuk lebih optimal ketiga filter ini di adakan. urutannya filter mekanik dulu (kapas), biologi (biobal) dan kimia (zeolite/arang aktif). filter mekanik pun lambat laun..dgn waktu yg lama akan menjadi filter biologi. Filter kimia jarang di gunakan pd perawatan aro, ada yg pendpt akan mengakibatkan lubang pd kepala :mad:

sbenarnya, tdk harus bioball...benda lain pun dpt digunakan. yang terpenting tdk rapuh dan merubah kondisi air.

Nach, ada lgi model filter wet & dry..biobal nya di letakan kering tdk ter rendam dalam air, hanya di lewati tetesan2 air agar kerja bakteri pengurai lebih optimal karena lebih bnyak kontak dgn oksigen.

sy sendiri lebih suka menggunakan filter vegetasi..dgn bantuan tumbuhan tanaman air (Pistia stratoites).
tpi sy rasa/ukur, dgn mengganti air 30%... 2 x seminggu air fresh teruz. jdi buat apa filter :D :) (hnya filter mekanik, agar aro bisa terlihat /bening)

PA

nightcrawler_p 12-13-2004 02:20 PM

Re: Manfaat Bioball
 
kepala aro belobang?? gawat dong... untung gw ga pernah pake zeolite bwt filter.

filter wet&dry?? bikin sendiri apa ada yang jual?? kalo bikin, caranya gmn?? kalo jual, berapaan??

ok thanks a lot ya 4 the infos...specially for the zeolite ones....pheeww!!


All times are GMT +7. The time now is 07:19 PM.

Powered by vBulletin® Version 3.6.5
Copyright ©2000 - 2024, Jelsoft Enterprises Ltd.
N1wanRed.com